NASIONAL

FOMO Sapiens : Perkara Aturan Keramaian dan Komedi Problematik

"Perkara aturan keramaian dan komedi problematik jadi sorotan publik. "

Tim FOMO Sapiens

FOMO Sapiens : Perkara Aturan Keramaian dan Komedi Problematik
Ilustrasi highlight berita sepekan. (FOTO : KBR)

KBR, Jakarta – Festival musik ‘Berdendang Bergoyang’ dibubarkan kepolisian lantaran jumlah penonton yang melebihi kapasitas. Kelebihan kapasitan itu berujung ricuh serta puluhan penonton pingsan dan mengalami luka-luka. Dari penyelenggara hingga penanganan kepolisian jadi sorotan masyarakat. Aturan sudah ada, tapi kenapa masih ada pelanggaran?

Popon Kerok, seorang Komika sempat trending di Twitter lantaran materi stand up-nya dinilai merendahkan kelompok ragam identitas gender dan orientasi seksual. Pro kontra warganet pun bermunculan terhadap materi lelucon Juara Stand Up Comedy Indonesia season 8 (SUCI 8) tersebut.

1. Perkara Aturan Keramaian

Pencabutan konser musik 'Berdendang Bergoyang' dan Tragedi Kanjuruhan mengundang perhatian publik terkait masalah pelanggaran regulasi dan penanganan kemaraian. Belum lama ini, polisi mencabut izin penyelenggaraan konser musik 'Berdendang Bergoyang' karena alasan keselamatan penonton. Hingga saat ini, polisi mendalami adanya dugaan pelanggaran Pasal 360 KUHP yang dilakukan panitia. Bagaimana selengkapnya?

Baca juga: Tujuh Dugaan Pelanggaran HAM dalam Tragedia Kanjuruhan


2. Komedi Problematik

Dark jokes atau humor gelap mengambil isu sensitif sebagai bahan komedi. Beberapa komika seperti Coki Pardede, Tretan Muslim, dan Dani Aditya sering menggunakan jenis komedi ini. Pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat sering muncul mengingat isu yang dibawakan terkesan sensitif seperti tentang agama, politik, hingga disabilitas, sering kali memunculkan pro dan kontra di tengah-tengah masyarakat. Sehingga, ada desakan soal pentingnya garis batas antara lelucon dan ungkapan yang mungkin menyinggung kelompok tertentu. Seberapa penting komedian memiliki sensitivitas terkait materi yang dibawakannya? 

Dengarkan bahasan selengkapnya di FOMO Sapiens pekan ini bersama Ian Hugen dan Aika Renata Akan ada juga obrolan seru terkait korupsi yang dilakukan bersama-sama anggota keluarga.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke [email protected]

  • #fomosapiens
  • #podcast
  • #konser
  • #polisi
  • #popon
  • #poponkerok
  • #ujarankebencian
  • #standup
  • #korupsi
  • #KPK
  • #dinastipolitik

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!