Bagikan:

FOMO Sapiens : Korupsi di Kampus dan Transgender Awareness Week

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut menerima laporan dugaan kasus korupsi dalam proses penerimaan mahasiswa baru. Sementara,pekan ini adalah Transgender Awareness Week.

NASIONAL | RAGAM

Jumat, 18 Nov 2022 14:35 WIB

FOMO Sapiens : Korupsi di Kampus dan Transgender Awareness Week

Ilustrasi highlight berita sepekan. (FOTO : KBR)

KBR, Jakarta – Kasus korupsi di lingkungan perguruan tinggi menuai perhatian publik. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyebut menerima laporan dugaan kasus korupsi dalam proses penerimaan mahasiswa baru. Apakah ini hal baru atau sudah lama terjadi?

Pekan ini adalah Transgender Awareness Week. Di Indonesia, transgender masih menerima stigma dan diskriminasi. Seperti apa?

1. Korupsi di Kampus

KPK mengungkap perilaku koruptif di dunia pendidikan mulai dari mengkorupsi dana bantuan sosial hingga kasus joki skripsi. Menurut Deputi bidang Pendidikan dan Peran Serta Masyarakat KPK Wawan Wardiana, jumlah uang yang dikorupsi para pelaku itu bahkan mencapai Rp 350 juta. Tak hanya itu, Wawan menyebut tindakan korupsi lainnya yang pernah dilakukan para mahasiswa adalah penggunaan joki tugas atau jasa pengerjaan tugas. Dengan menggunakan joki itu, mahasiswa telah melakukan kebohongan dan tidak jujur dalam dunia pendidikan.

Baca juga : OTT Rektor Unila, Penerimaan Mahasiswa Jalur Mandiri Jadi Ladang Korupsi

2. Transgender Awareness Week

Transgender Awareness Week atau Pekan Kesadaran Transgender diperingati 13 hingga 19 November. Perayaan selama satu minggu menjelang Transgender Day of Remembrance tiap 20 November. Seperti dilansir USA Today, setidaknya 34 transgender atau gender non conforming tewas karena kekerasan pada tahun 2020. Seminggu sebelum Hari Transgender, dunia berpartisipasi dalam Pekan Kesadaran Transgender untuk membantu meningkatkan visibilitas bagi transgender dan mengatasi masalah yang dihadapi komunitas. Hari Transgender dimulai pada tahun 1999 oleh advokat transgender, Gwendolyn Ann Smith sebagai peringatan untuk menghormati Rita Hester, seorang wanita transgender yang dibunuh pada tahun 1998. Bagaimana di Indonesia?

Baca juga : Pemerintah Dorong Aturan Pidana LGBT, Kontras: Diskriminatif

Dengarkan bahasan selengkapnya di FOMO Sapiens pekan ini bersama Ian Hugen dan Aika Renata. Akan ada juga obrolan menarik terkait serba serbi kesiapan Ibu Kota Nusantara (IKN) menjadi tuan rumah Olimpiade 2023.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke [email protected]

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Bagaimana Stok dan Stabilitas Harga Pangan Jelang Nataru?

Kabar Baru Jam 8

Kick Off Seminar: Jurnalisme di bawah Kepungan/Tekanan Digital

Kabar Baru Jam 10

Most Popular / Trending