Bagikan:

Cek Fakta: Narasi dan Video soal Jokowi Sembunyikan Suap Tiongkok di 20 Rekening Luar Negeri?

Top three hoax of the week yang beredar dari tanggal 27 Oktober - 2 November 2022, hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid.

NASIONAL

Selasa, 08 Nov 2022 10:18 WIB

Author

Tim Cek Fakta

Cek Fakta: Narasi dan Video soal Jokowi Sembunyikan Suap Tiongkok di 20 Rekening Luar Negeri?

Sebuah video beredar di media sosial Facebook pada 09 Juni 2022 yang bertajuk, “Terbongkar Pengkhianatan Jokowi”. Di dalam video ini dapat dilihat juga sebuah narasi yang menyatakan bahwa Jokowi memiliki 20 rekening di luar negeri, untuk menyimpan uang hasil suap dari kelompok Komunis Cina. Konten itu menjadi salah satu dari tiga teratas cek fakta yang mendapat sorotan sepanjang pekan lalu. Bagaimana penelusurannya dan Apa saja cek fakta lainnya?

Inilah Top Three Hoax of The Week yang beredar dari tanggal 27 Oktober - 2 November 2022 hasil periksa fakta dengan tingkat engagement paling tinggi pada akun Instagram @turnbackhoaxid:

Narasi dan Video soal Jokowi dan Istrinya Memiliki 20 Rekening Luar Negeri Untuk Menyembunyikan Uang Suap dari Komunis Cina

Sebuah video beredar di media sosial Facebook pada 09 Juni 2022 yang bertajuk, “Terbongkar Pengkhianatan Jokowi”. Di dalam video ini dapat dilihat juga sebuah narasi yang menyatakan bahwa Jokowi memiliki 20 rekening di luar negeri, untuk menyimpan uang hasil suap dari kelompok Komunis Cina.

Video Barack Obama Seolah Meresmikan Foto Anies Baswedan

Beredar video di TikTok yang menampilkan mantan presiden Amerika Serikat, Barack Obama seolah sedang meresmikan foto mantan gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Dalam video terlihat Barack Obama membuka penutup besar yang merupakan bingkai dari foto Anies Baswedan.

Narasi soal Nama Asli Presiden Jokowi adalah Herbertus Joko Widodo

Beredar melalui media sosial Facebook, unggahan yang menyebut jika nama asli presiden RI Joko Widodo adalah Herbertus Joko Widodo.

Bagaimana penelusuran dari ketiga hoaks tersebut? Simak pembahasannya di Podcast Cek Fakta bersama Don Brady dan Aribowo Sasmito Co-Founder dan Fact-check Specialist Mafindo, Masyarakat Anti Fitnah Indonesia berikut ini:

Baca Juga:

Cek Fakta: Benarkah China akan Ambil Alih Kalimantan?

Cek Fakta: WNA dari Tiongkok Penghuni IKN Berdatangan dengan Pakaian Adat Dayak Kalimantan?

Kami menantikan masukan kamu lewat: [email protected] sampai jumpa di episode berikutnya!

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Upaya Polri Meningkatkan Kembali Kepercayaan Publik

Most Popular / Trending