covid-19

World Superbike 2021 Mandalika, Pemerintah Beri Suntikan Investasi Rp2 triliun

Superbike 2021 akan memberikan multiplier effect bagi pertumbuhan ekonomi di NTB, khususnya dalam penciptaan tenaga kerja, dan mempromosikan Mandalika sebagai destinasi wisata berkualitas.

BERITA | NASIONAL

Selasa, 16 Nov 2021 16:15 WIB

Sejumlah pembalap melaju pada IATC atau MotoGP Junior di Pertamina Mandalika International Street Ci

Sejumlah pembalap melaju pada IATC atau MotoGP Junior di Pertamina Mandalika International Street Circuit di NTB, Sabtu (13/11/21). (Foto:ANTARA/Ahmad Subaidia)

KBR, Jakarta - Pemerintah menyuntikkan dana untuk investasi sektor pariwisata di Nusa Tenggara Barat lebih dari Rp2 triliun hingga November 2021. 

Deputi Bidang Koordinasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kemenko Marves RI Odo R.M Manuhutu menjelaskan suntikan dana itu terkait penyelenggaran balap motor World Superbike Championship di NTB.

"Pemerintah pusat melalui beberapa Kementerian, termasuk Kementerian PUPPR dan Perhubungan, telah menginvestasikan lebih dari Rp2 triliun dengan harapan, sarana dan prasarana yang telah dibangun pemerintah dapat dikelola dengan baik dan memberikan efek positif bagi pertumbuhan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat di NT," kata Odo RM Manuhutu pada acara dialog Superbike 2021: Dari Mandalika Untuk Dunia, yang digelar Kementerian Komunikasi dan Informatika secara daring, Selasa (16/11/2021).

World Superbike Championship (WSBK) akan digelar di Pertamina Mandalika International Street Circuit di Lombok, NTB, pada 19-21 November 2021. 

Melalui perhelatan internasional itu, Odo meyakini, geliat Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) daerah akan bangkit meski di tengah pukulan akibat situasi pandemi virus korona. 

Penyelenggaraan Superbike 2021 tersebut, lanjutnya, akan memberikan multiplier effect bagi pertumbuhan ekonomi di NTB, khususnya dalam penciptaan tenaga kerja, dan mempromosikan Mandalika sebagai destinasi wisata berkualitas.

"Mari kita jaga euforia ini dengan membuat kegiatan ini sukses. Kita harus tetap melaksanakan protokol kesehatan sehingga kegiatan ini tidak menimbulkan klaster-klaster baru Covid-19. Kemudian melaksanakan protokol CHSE, salah satunya dengan menjaga kebersihan," katanya.

Baca Juga:

Odo mengatakan, pemerintah telah menyediakan lebih dari 100 bis untuk mobilitas pengunjung, melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengindari bottleneck, perbaikan di segi sarana dan prasarana, penyediaan layanan kesehatan dengan membentuk 11 kelompok kerja yang mencakup kegiatan di sekitar Mandalika.

25 Ribu Pengunjung

Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah menyatakan kesiapannya menyambut 25 ribu pengunjung yang akan memadati sirkuit balapan World Superbike 2021 di Mandalika tersebut. 

Salah satu langkah yang telah dilakukan ialah dengan menggenjot percepatan vaksinasi di NTB. Saat ini, katanya, capaian vakinasi di NTB lebih dari 70 persen, melebihi target yang telah ditetapkan pemerintah pusat sebelum penyelenggaraan itu dimulai.

"Kalau kita mampu menjadi host yan baik dengan protokol kesehatan yang ketat, berdamai dengan korona, mudah-mudahan ini trigger awal untuk keberhasilan kita menjadi host international event yang lain. Sehingga ketika nanti kita pre-season, kita terpilih lagi menjadi host dari pre-seasone Moto GP ini bulan Februari. Tidak semua negara punya kesempatan untuk itu. Kemudian Bulan Maret kita menjadi host Moto GP untuk pertama kalinya setelah absen selama 25 tahun," paparnya.

"World Superbike 2021 ini akan menghadirkan eksternalitas positif terhadap NTB dan Indonesia, dan dunia. Kami juga belajar dari negara atau daerah yang menyelenggarakan international event, seperti Formula 1 di Singapura. Semua yang datang ke Singapura bukan hanya menyaksikan Formula 1 tetapi ramai untuk aktivitas yang lain. Euforia ini harus dibarengi dengan kesiapan kami sehingga tamu yang datang bukan sekadar hanya ingin melihat balapan saja, tetapi juga melihat side event lain yang diakibatkan dengan hadirnya sirkuit dan balapan ini," kata Zulkieflimansyah.

Zulkieflimansyah optimistis Superbike 2021 di Mandalika itu akan berdampak baik terhadap perekomian daerah. 

Tidak hanya pada saat event itu saja, tetapi juga side event yang telah dipersiapkan pemerintah setempat. Pihaknya akan memastikan kenyamanan dan keamanan bagi semua pengunjung yang datang merasakan 'eksotisme' NTB. 

Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf Wawan Gunawan mengatakan, Kemenparekraf telah bekerja sama dengan Dinas Pariwisata untuk menyediakan beragam paket pariwisata terjangkau terhadap pengunjung yang hadir di lokasi destinasi superprioritas itu. 

Pada awal 2020, Kemenparekraf telah melakukan revitalisasi destinasi, kegiatan rebound destinasi, dan revitalisasi toilet untuk memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Editor: Agus Luqman 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Sistem Dukungan dalam Pengambilan Keputusan

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7