covid-19

Tak Punya Data Valid, Ini Perkiraan Kemenkes di Vaksinasi Kelompok Rentan dan Disabilitas

"Kita sebenarnya memonitor untuk beberapa kondisi seperti ibu hamil dan penyandang disabilitas. Saat ini tercatat 20 ribuan yang mendapatkan vaksin dosis pertama dan 15 ribu dosis lengkap"

BERITA | NASIONAL

Rabu, 10 Nov 2021 19:43 WIB

Tak Punya Data Valid, Ini Perkiraan Kemenkes di Vaksinasi Kelompok Rentan dan Disabilitas

ilustrasi vaksinasi covid-19 bagi penyandang disabilitas. (Foto: Antara/Praseti Fauzani)

KBR, Jakarta - Kementerian Kesehatan memperkirakan sekitar 20 ribu penyandang disabilitas maupun kelompok rentan lain yang telah divaksin Covid-19 dosis pertama.

"Tapi kita tidak tidak memiliki data secara rinci, terkait jumlah penyandang disabilitas dan kelompok rentan lain yang akan divaksin covid-19," kata Juru Bicara Vaksinasi Kemenkes, Siti Nadia Tarmizi dalam Webinar Tantangan Vaksinasi Inklusif Bagi Masyarakat Adat dan Kelompok Rentan, Rabu (10/11/2021).

Siti Nadia mengungkapkan, sejak awal penyelenggaraan vaksinasi, pemerintah hanya mendata jumlah penerima vaksin berdasarkan dua kelompok, masyarakat umum dan remaja.

"Kita sebenarnya memonitor untuk beberapa kondisi seperti ibu hamil dan penyandang disabilitas. Saat ini (disabilitas) tercatat 20 ribuan yang mendapatkan vaksin dosis pertama dan 15 ribu yang mendapat dosis kedua. Memang targetnya ini kan sebenarnya ada pada rentang usia ini, kemudian kalau kita breakdown lagi, ini datanya (masyarakat umum dan remaja). Mungkin sampai saat ini kita tidak punya data yang cukup valid, untuk berapa kemudian (jumlah) sasarannya," jelas Nadia.

Baca: Kemenkes: Capaian Vaksinasi di 21 Ibu Kota Provinsi di Atas 70 Persen

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular di Kemenkes ini juga memastikan penyandang disabilitas masuk di antara penerima vaksin Covid-19 kelompok masyarakat umum atau remaja.

Selain itu, Kemenkes mengklasifikasikan kelompok penerima vaksin hanya terbatas pada profesi petugas publik dan tenaga kesehatan atau nakes.

"Karena sebenarnya usia penyandang disabilitas itu bisa masuk di remaja bisa masuk di masyarakat umum, sehingga kita hanya membagi berdasarkan umur, kecuali memang data-data petugas publik maupun petugas kesehatan," ungkap Siti Nadia Tarmizi.

Baca juga: Hore!! Harga Tes PCR Berpotensi Turun Lagi

Data di Sistem Informasi Manajemen Penyandang Disabilitas (SIMPD) menyebut, hingga 13 Januari 2021, jumlah penyandang disabilitas yang terdata mencapai 209 ribuan individu.

Sementara itu, hingga Selasa (9/11/2021) sebanyak 126.459.285 orang penduduk atau setara 60,72 persen telah divaksinasi covid-19 dosis pertama, dan 80.070.525 orang atau 38,45 persen divaksinasi dosis lengkap.


Editor: Kurniati Syahdan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Sistem Dukungan dalam Pengambilan Keputusan

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7