covid-19

Mendikbud: Mahasiswa Difabel Diprioritaskan Dapat KIP Kuliah

Nadiem Makarim menjamin, mahasiswa berkebutuhan khusus atau difabel bisa menempuh studi di perguruan tinggi.

BERITA | NASIONAL

Selasa, 09 Nov 2021 13:41 WIB

Author

Fadli Gaper

Difabel Prioritas Dapat KIP Kuliah

Mendikbud-Ristek Nadiem Makarim. (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta - Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi, Nadiem Makarim menjamin mahasiswa berkebutuhan khusus atau difabel bisa menempuh studi di perguruan tinggi.

Nadiem mengatakan mahasiswa penyandang disabilitas atau difabel diprioritaskan menjadi penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah.

"Aksesibilitas bagi mahasiswa berkebutuhan khusus di Perguruan Tinggi diatur dalam Permenristekdikti tentang Pendidikan Khusus dan Pendidikan Layanan Khusus di Perguruan Tinggi. Perguruan Tinggi tidak boleh menolak mahasiswa berkebutuhan khusus atau difabel untuk menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi. Kemendikbudristek sudah menyediakan kuota beasiswa bagi mahasiswa berkebutuhan khusus melalui Afirmasi Pendidikan Tinggi atau ADik khusus difabel dan memprioritaskan difabel sebagai penerima KIP kuliah," kata Nadiem dalam “Kemenkeu Mengajar 6” yang dipantau di Jakarta, Selasa (9/11/2021).

Baca juga:

Selain beasiswa tersebut, pemerintah juga memiliki Beasiswa Unggulan dan beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk mahasiswa penyandang disabilitas melanjutkan studi hingga jenjang S3 atau doktoral.

Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Sistem Dukungan dalam Pengambilan Keputusan

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7