Lonjakan Kasus saat Libur Panjang, Ini Wanti-wanti Satgas Covid-19

"Berkaca dari pengalaman, Indonesia belum pernah berhasil melewati periode tersebut tanpa kenaikan kasus,"

BERITA | NASIONAL

Kamis, 11 Nov 2021 18:55 WIB

Author

Heru Haetami

Lonjakan Kasus saat Libur Panjang, Ini Wanti-wanti Satgas Covid-19

ilustrasi penanganan infeksi covid-19. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 meminta pemerintah daerah memperhatikan kenaikan kasus jelang libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengakui, Indonesia tak pernah berhasil melewati masa libur panjang tanpa lonjakan kasus.

"Periode liburan adalah tantangan bagi kita semua. Berkaca dari pengalaman, Indonesia belum pernah berhasil melewati periode tersebut tanpa kenaikan kasus," katanya saat Konferensi Pers secara daring, Kamis (11/11/2021)

Wiku mengatakan, berdasarkan hasil analisi data Indonesia selalu mengalami tren lojakan kasus pascalibur panjang. Hal ini terjadi setidaknya di tiga periode liburan yakni libur Idulfitri 2020, libur kolektif Maulid Nabi Muhammad dan Natal 2020 serta libur Idulfitri 2021.

"Kenaikan kasus tidak hanya terjadi pada kasus harian namun juga pada kasus mingguan. Penambahan kasus ini juga bertahan cukup lama, meski akhirnya bisa diturunkan," ungkapnya.

Baca: Tak Punya Data Valid, Ini Perkiraan Kemenkes di Vaksinasi Kelompok Rentan dan Disabilitas

Pada libur Idulfitri 2020 terjadi penambahan kasus covid-19 hingga 559 kasus harian baru dan 3.917 kasus mingguan, kemudian pada libur Maulid Nabi Muhammad dan Natal 2020 tambahan kasus harian mencapai 5.477 dan kasus mingguan hingga 38.340.

"Sedangkan saat libur Idulfitri 2021 penambahan kasus harian mencapai 46.297 dan penambahan mingguannya menembus angka 324.207 kasus," jelas Dewan Pakar Satgas Percepatan Penanganan Covid-19 ini.

Kenaikan kasus pada Idulfitri 2021, tambah Wiku, diperparah dengan adanya varian delta yang lebih mudah menular dibanding varian sebelumnya.

"Berdasarkan analisis data tersebut saya meminta pemerintah daerah dan masyarakat untuk bersikap siaga dalam menyongsong periode libur Natal dan Tahun Baru," pungkasnya.

Editor: Kurniati Syahdan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Meningkat Netizen Pakai Petisi di Platform Digital