Bagikan:

KSP: Festival HAM 2021 Diharapkan Perkuat Peran Pemda Tegakkan HAM

Tema festival kali ini mengambil tentang keberagaman, inklusi, dan resiliensi.

BERITA | NASIONAL

Rabu, 10 Nov 2021 09:44 WIB

Festival HAM 2021

Logo Festival HAM 2021 di Semarang, Jawa Tengah. Festivalham.com

KBR, Jakarta- Kantor Staf Presiden (KSP) mendorong pemerintah di daerah bisa memunculkan agenda atau kesepakatan bersama terkait penegakan Hak Asasi Manusia (HAM) di wilayah masing-masing.

Hal ini disampaikan Staf Ahli Madya Bidang Hukum dan HAM Kantor Staf Presiden, Sunarman Sukamto, berkaitan dengan rencana penyelenggaraan Festival HAM 2021, 16-19 November 2021 di Semarang, Jawa Tengah.

Menurutnya, peran pemda selama ini mesti diperkuat agar keadilan dan penegakan bisa dirasakan merata oleh seluruh lapisan masyarakat.

"Bagaimana peran pemerintah kabupaten kota itu lebih diperkuat, dalam rangka kemajuan dan penegakan HAM bagi semua warga negara tanpa terkecuali. Karena keberagaman itu DNA bangsa kita, yang mana peran pemerintah daerah untuk tetap melindungi, menghormati, dan memperkuat keberagaman agar tetap saling mendukung dengan tidak saling mencederai HAM masing-masing," ucap Sunarman dalam webinar persiapan Festival HAM 2021 yang disiarkan daring, Selasa, (9/11/2021).

Baca juga:

Sunarman menambahkan, tema festival kali ini mengambil tentang keberagaman, inklusi, dan resiliensi. Tema itu kata dia, bisa dijadikan komitmen serta kesepakatan, sehingga semua proses pembangunan memerhatikan atau memiliki perspektif HAM.

"Festival ini mempertemukan pengalaman-pengalaman, praktik-praktik, insiatif-insiatif, kebijakan-kebijakan, yang kreatif dan solutif yang selama ini masih katakan masih berita HAM atau sikap yang masih terdapat potensi pelanggaran HAM di daerah," tuturnya.

Sunarman belum dapat mengkonfirmasi kehadiran Presiden Jokowi pada festival itu. Namun, dia memastikan Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko hadir dalam kegiatan yang akan digelar secara daring dan luring di Semarang.

Kota ini dipilih panitia festival sebagai tuan rumah lantaran dinilai sebagai kota ramah HAM. Salah satu buktinya ialah keberagaman etnis dan akulturasi budaya di sana.

Festival HAM ialah acara tahunan yang diinisiasi International NGO Forum on Indonesia Development (INFID). Tahun ini Festival HAM diselenggarakan oleh Komnas HAM, INFID, KSP, Pemerintah Kota Semarang, serta sejumlah lembaga pendukung lain.

Editor: Sindu

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Ekonomi Indonesia di Tengah Bayang-Bayang Ketidakpastian Global

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

Komunitas Biboki Lestarikan Tenun Ikat Tradisional

Most Popular / Trending