Komnas KIPI: Izin Vaksin COVID-19 untuk Anak Bisa Percepat Herd Immunity

Komnas KIPI: Izin Vaksin COVID-19 untuk Anak Bisa Percepat Herd Immunity

BERITA | NASIONAL

Senin, 01 Nov 2021 21:30 WIB

vaksin COVID-19 untuk anak

Seorang pelajar menerima suntikan vaksin COVID-19 dosis kedua di Kota Kupang, NTT, Sabtu (30/10/2021). (Foto: ANTARA/Kornelis Kaha)

KBR, Jakarta - Komisi Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (Komnas KIPI) menyatakan vaksin CoronaVac buatan perusahaan Sinovac untuk anak usia 6-11 tahun telah memenuhi syarat perihal daya lindung serta keamanannya setelah melalui uji klinis.

Ketua Komnas KIPI sekaligus anggota Komite Penasihat Ahli Imunisasi Nasional (ITAGI) Hindra Irawan Satari meminta vaksinasi untuk anak 6-11 tahun ini mesti terus dikawal.

Ia mengatakan vaksinasi COVID-19 pada anak penting untuk melindungi mereka dari Covid-19 serta membantu mempercepat capaian vaksinasi nasional serta herd immunity (kekebalan kelompok).

"Yang di atas 12 tahun juga cakupannya cukup memuaskan dan aman. Jadi kita harapkan semua masyarakat, saya mengharapkan, ketahanan keluarga. Kalau keluarga kita tahan, insyaallah deh. Ujian kita di November sama Desember nih. Kalau November-Desember cakupan imunisasi meningkat, kemudian 3M dan 3T kita konsisten, insyaallah pelandaian ini dapat kita pertahankan," kata Hindra, saat konferensi pers daring, Senin (1/11/2021).

Baca juga:


Pada acara yang sama, Ketua Perhimpunan Alergi dan Imunologi Indonesia (PAII), Iris Rengganis mengapresiasi keluarnya izin vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11.

Menurut Iris, izin ini sudah lama dinanti masyarakat. Vaksinasi untuk anak diharapkan bisa mengakselerasi cakupan vaksinasi COVID-19 di Indonesia.

Ia menyebut pentingnya pemberian vaksinasi untuk anak-anak pada usia sekolah. Sebab, imunitas tidak cukup hanya dari guru-gurunya saja yang sudah divaksin, namun murid juga perlu dibentuk imunitasnya karena mempunyai potensi untuk penularan Covid-19.

Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) pada Senin (1/11/2021) mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin COVID-19 CoronaVac buatan pabrikan Sinovac asal Cina untuk diberikan kepada anak usia 6-11 tahun.

Dengan adanya izin dari BPOM ini, sekarang vaksin Sinovac bisa digunakan untuk vaksinasi anak usia 6 tahun ke atas.

Baca juga:


Editor: Agus Luqman

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Tengah Tersiksa tapi Tampak Tegar

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7