covid-19

FOMO Sapiens : Permendikbudristek 30/2021 dan Rencana Vaksin Booster Berbayar

Permendikbud 30/2021 dan rencana vaksin booster berbayar

BERITA | NASIONAL | RAGAM

Jumat, 12 Nov 2021 13:58 WIB

FOMO Sapiens : Permendikbudristek 30/2021 dan Rencana Vaksin Booster Berbayar

Ilustrasi highlight berita sepekan. (Foto : KBR)

KBR, Jakarta – Permendikbud No. 30 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di Lingkungan Perguruan Tinggi menuai pro dan kontra. Meski aturan baru ini disambut baik sejumlah pihak semisal lembaga dan para aktivis perempuan, penolakan muncul dari ormas dan parpol.

Pemerintah mengumumkan rencana vaksinasi berbayar pada 2022 untuk vaksin booster atau vaksin dosis 3. Hal ini memicu protes sebagian besar masyarakat yang tidak setuju rencana tersebut.

Kabar-kabar di atas menjadi bahasan di FOMO Sapiens minggu ini.

1. Permendikbudristek 30

Awal pekan ini diramaikan dengan viralnya kasus pelecehan seksual yang dialami mahasiswa Universitas Riau (UNRI). Sang pelaku adalah dosen sekaligus Dekan FISIP UNRI, Syafri Harto. Ironisnya, kasus pelecehan seksual masih terus terjadi pasca terbitnya Permendikbud No 30 tahun 2021 tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual (PPKS) di Lingkungan Perguruan Tinggi. Beleid ini pun ternyata kontroversial. Seperti apa selengkapnya?

Baca juga : Permendikbud Kekerasan Seksual, MUI: Cabut atau Revisi


2. Vaksin Booster Berbayar

Pemberian vaksin ketiga sebagai booster rencananya akan dimulai pada Januari 2022. Meski begitu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan penyuntikan dosis ketiga baru akan dilakukan ketika 50 persen populasi sudah divaksin dua dosis. Namun, tak seperti vaksin dosis pertama dan kedua, vaksin booster tidaklah gratis. Hanya Masyarakat Penerima Bantuan Iuran (PBI) BPJS Kesehatan dan lansia yang pemberian vaksin booster-nya ditanggung oleh pemerintah. Mayoritas masyarakat tak setuju dengan rencana vaksin booster berbayar ini. Kenapa?

Baca juga : Vaksinasi Booster Dimulai Bila Separuh Target Sudah Disuntik Dosis Lengkap

Dengarkan obrolan selengkapnya bersama Ian Hugen dan Aika Renata di FOMO Sapiens pekan ini. Jangan ketinggalan juga obrolan mengenai bencana alam khususnya banjir yang melanda sejumlah daerah di tanah air, serta adanya tren kenaikan kasus Covid-19 di beberapa kota di Indonesia.

*Kami ingin mendengar saran dan komentar kamu terkait podcast yang baru saja kamu simak, melalui surel ke podcast@kbrprime.id

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Toilet Sehat untuk Semua, Sudahkah Terpenuhi?