Pemerintah Siapkan Format Kabinet Baru pada 2024

Kemenpan RB juga akan mengumumkan pembubaran 10 lembaga.

NASIONAL

Selasa, 24 Nov 2020 11:15 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Pemerintah Siapkan Format Kabinet Baru pada 2024

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin berfoto dengan para menteri Kabinet Indonesia Maju di tangga Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10). Antara

KBR, Jakarta- Pemerintah tengah menyiapkan format kabinet baru yang akan diterapkan pada 2024. Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Tjahjo Kumolo mengatakan format kabinet baru itu sedang dalam proses penyusunan.

Saat ini kabinet pemerintahan yang dipimpin Presiden Joko Widodo adalah Kabinet Indonesia Maju. Kabinet ini terdiri dari 4 menteri koordinator dan 30 menteri bidang yang diumumkan 23 Oktober 2019.

"Mudah-mudahan format reformasi birokrasi ini paling lamban awal 2022 selesai. Sehingga tugas PANRB ini tinggal mempersiapkan nanti tahun 2024 format kabinet baru ini bagaimana. Apakah kementerian mana yang harus dihapus, kementerian atau lembaga mana yang harus diintegrasikan," kata Tjahjo dalam acara Rakor Kementerian Hukum dan HAM, Senin (23/11/2020).

Menpan RB Tjahjo Kumolo menyatakan pemerintah telah membubarkan 43 lembaga yang ditetapkan berdasarkan Keputusan Presiden.

Dalam waktu dekat, Kemenpan-RB akan mengumumkan pembubaran 10 lembaga. Kemudian tahun depan, akan ada 19 lembaga lain yang juga bakal dibubarkan. Pembubaran lembaga itu masih dibahas dan diusulkan ke Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Editor: Sindu Dharmawan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Pesan untuk Kapolri Baru terkait Catatan Pelanggaran HAM

Sudah Negatif Covid, Perlu Swab Ulang?

Kabar Baru Jam 8

Strategi Pengusaha Hotel dan Resto Merespons PPKM