Pemerintah Beri Gelar Pahlawan Nasional Kepada 6 Tokoh

Pengusulan para tokoh tersebut sudah melalui seleksi ketat, dimulai dari pengajuan masyarakat atau pemerintah daerah

BERITA | NASIONAL

Selasa, 10 Nov 2020 13:54 WIB

Author

Dwi Reinjani

Pemerintah Beri Gelar Pahlawan Nasional Kepada 6 Tokoh

Seorang anggota LVRI berdoa di depan pusara pahlawan di Taman Makam Pahlawan Nasional, Kalibata, Jakarta, Selasa (10/11/2020). (Foto: Antara/M Risyal Hidayat)


KBR, Jakarta- Pemerintah memberikan gelar Pahlawan Nasional kepada 6 tokoh dari berbagai provinsi. Menteri Sosial, Juliari Batubara mengatakan gelar tersebut akan langsung diberikan oleh presiden Joko Widodo, kepada para wali tokoh, di Istana Merdeka.

Keenam tokoh yang akan diberi gelar yakni Sultan Baabullah tokoh dari provinsi Maluku Utara, Machmud Singgirei Rumagesan dari provinsi Papua Barat, Jenderal Polisi Purnawirawan Raden Said Soekanto Tjokrodiatmodjo dari provinsi DKI Jakarta, Arnold Mononutu dari Provinsi Sulawesi Utara, Mr Sutan Muhammad Amir Nasution dari Provinsi Sumatera Utara, Raden Mattaher bin Pangeran Kusen bin Adi dari provinsi Jambi.

"Pengusulan para tokoh tersebut sudah melalui seleksi ketat, dimulai dari pengajuan masyarakat atau pemerintah daerah terkait kandidat pahlawan nasional yang memenuhi standar dan kriteria melalui Tim Peneliti Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) melalui diskusi, seminar dan sarasehan. Kemudian dilanjutkan dengan seleksi oleh pemerintah pusat, yang diwakili oleh direktorat kepahlawanan kementerian sosial, kemudian diajukan pada menteri sosial, presiden dan dewan gelar, terakhir disepakati dan ditandatangani oleh presiden," katanya, Selasa (10/11/2020).

Dalam peringatan Hari Pahlwan tahun ini, Mensos juga berpesan pada generasi muda harus berpikir lebih kreatif dan inovatif. Tidak hanya nyaman dengan apa yang sudah diperoleh saat ini, namun terus berjuang meneruskan apa yang sudah didapatkan para pahlawan sebelumnya.

“Hari ini 10 November kita memperingati hari pahlawan di hari ini kita selalu diajak untuk mengkaji ya pada sejarah yang telah diukir Indah memori membawa kita untuk mengingat keberanian semangat pantang menyerah Gotong Royong yang selalu ditunjukkan oleh para pahlawan bangsa di peringatan hari pahlawan tahun 2020 ini saya mengajak semua untuk selalu dari waktu ke waktu dari generasi ke generasi menjiwai semangat kepahlawanan janganlah hanya menikmati hasil perjuangan nya saja tapi kita terus kobarkan semangat perjuangan untuk mewujudkan cita cita mereka menjadikan Indonesia Maju.” ujar Juliari

Juliari juga mengatakan, mengenang atau memperingati hari pahlawan bukan hanya momen ceremonial, namun momen berkontemplasi tentang apa yang sudah dikerjakan selama ini untuk bangsa, mengingat perjuangan yang mati-matian dilakukan para pahlawan terdahulu, kemarin dan saat ini.

Editor: Friska Kalia

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Izin Keruk Harta Karun RI

Kabar Baru Jam 8

Mama 'AB': Mengikat Yang Tercerai

Gelar Konser Musik dan Seni Pertunjukan Offline. Apa Sudah Memungkinkan?