Pandemi, 80 Orang Positif Covid-19 dari 2 Acara yang Dihadiri Rizieq Shihab

Sebanyak 15 orang dari kerumunan di Kabupaten Bogor menunggu hasil pemeriksaan.

NASIONAL | RAGAM

Senin, 23 Nov 2020 00:56 WIB

Author

Wahyu Setiawan

Pandemi, 80 Orang Positif Covid-19 dari 2 Acara yang Dihadiri Rizieq Shihab

Ribuan orang menyambut Rizieq Shihab di Simpang Gadog, Ciawi, Kabupaten Bogor, Jabar, Jumat (13/11). (Antara/Arif Firmansyah)

KBR, Jakarta-   Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menemukan adanya kasus Covid-19 dari klaster kerumunan acara yang dihadiri Rizieq Shihab. Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Muhammad Budi Hidayat memaparkan, sejauh ini sudah ada 50 kasus positif di Tebet, 30 di Petamburan, sementara ada 15 orang yang menunggu hasil pemeriksaan di Puncak, Kabupaten Bogor.

Budi meminta masyarakat yang menghadiri acara itu dan merasa menjalin kontak dengan pasien positif, untuk melakukan isolasi mandiri di rumah selama 14 hari.

"Apabila selama melakukan karantina di rumah mengalami gejala terinfeksi Covid-19 seperti gejala batuk, pilek, sesak napas, sakit tenggorokan, serta hilang indra penciuman dan perasa, segera kunjungi puskesmas terdekat untuk dilakukan tes usap atau PCR test," kata Budi saat konferensi pers daring Satgas Covid-19, Minggu (22/11/2020) sore.

Plt Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Muhammad Budi Hidayat mengklaim, pelacakan agresif terus dilakukan di tiga kecamatan sekitar kerumunan. Yakni Tanah Abang dan Tebet di Jakarta, serta Puncak di Kabupaten Bogor.

Kata dia, setiap ada satu  kasus positif, Kemenkes langsung melakukan tes terhadap 30 orang lain yang terindikasi kontak erat. Kemenkes akan memantau klaster kerumunan ini hingga 14 hari ke depan.

Sebelumnya, acara yang dihadiri Rizieq  di Petamburan, Jakarta dan Puncak, Kabupaten Bogor, menciptakan kerumunan. Untuk acara di Petamburan, Pemprov DKI Jakarta telah menjatuhkan sanksi pelanggaran sebesar Rp50 juta.  

Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Menyoal Program Restrukturisasi Jiwasraya

Kabar Baru Jam 8

Kapan Kekebalan Terbentuk Usai Vaksinasi Covid-19?

Kabar Baru Jam 10