BERITA

Jumat Ini Luhut Pimpin Rapat di KKP Gantikan Edhy Prabowo

Jumat Ini Luhut Pimpin Rapat di KKP Gantikan Edhy Prabowo

KBR, Jakarta - Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan akan memimpin rapat perdana di Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), sejak ia ditunjuk sebagai Menteri KKP sementara menggantikan Edhy Prabowo, pada Jumat (27/11/2020).

Dari rilis yang diterima KBR, Menteri KKP ad interim Luhut Panjaitan akan rapat dengan seluruh pejabat eselon 1 dan eselon 2 di kementerian itu.

Sebelumnya, Luhut memanggil Sekjen Kementerian Kelautan dan Perikanan Antam Novambar ke Kantor Kemenko Maritim pada Kamis (26/11/2020). Selain Antam, Luhut juga memanggil Direktur Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan TB Haeru Rahayu.

Dalam pertemuan itu, Menko Luhut membawa pesan Presiden Joko Widodo agar jajaran KKP memastikan pekerjaan di Kementerian KKP tetap berjalan.

“Pokoknya program yang baik jangan terhenti, kita lakukan evaluasi jika ada yang perlu

diperbaiki” kata Luhut, mengutip rilis yang diterima KBR, Kamis (26/11/2020).

Luhut juga meminta Sekjen KKP menyiapkan daftar pending issues yang perlu diputuskan oleh Menteri KKP ad interim.

“Jangan sampai ada istilah tidak bisa dilakukan karena tidak ada Menteri” ucap Menko Luhut.

Moratorium ekspor benur

Sementara itu, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menghentikan sementara ekspor benih bening lobster (benur), pascapenangkapan Edhy Prabowo oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Bekas Menteri Kelautan dan Perikanan itu ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap penentuan jasa kargo ekspor benur.

Informasi penghentian sementara ekspor benur itu dibenarkan Sekretaris Jenderal KKP Antam Novambar, dalam pesan singkatnya kepada KBR.

"Ya benar (sudah dihentikan)" kata Antam kepada KBR, Kamis (26/11/2020).

Antam Novambar juga mengirimkan salinan Surat Edaran (SE) penghentian ekspor tersebut. Surat itu ditandatangani Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Jenderal Perikanan Tangkap Muhammad Zaini yang isinya berkaitan tentang Penghentian Sementara Penerbitan Surat Penetapan Waktu Pengeluaran (SPWP).

Dalam surat disebutkan, penghentian sementara ekspor benih lobster dilakukan dalam rangka memperbaiki tata kelola pengelolaan benur sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri KP Nomor 12/2020 yang kembali melegalkan ekspor.

Editor: Agus Luqman

  • Luhut Pandjaitan
  • KKP
  • benur
  • benih lobster
  • Edhy Prabowo
  • Menteri Edhy Prabowo
  • KPK
  • OTT

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!