Hari Guru, Mendikbud: Pandemi Momentum Bersama Perbaikan Pendidikan

"Saya juga mengajak semua pihak melanjutkan kolaborasi yang telah terbentuk, pandemi telah memberikan kita momentum dan pelajaran berharga"

NASIONAL | RAGAM

Rabu, 25 Nov 2020 10:18 WIB

Author

Muthia Kusuma

Hari Guru, Mendikbud: Pandemi Momentum Bersama Perbaikan Pendidikan

Tangkapan layar pidato daring Mendikbud Nadiem Makarim dalam peringatan hari Guru, Rabu (25/11).

KBR, Jakarta-   Memperingati Hari Guru Nasional, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim mengatakan, pandemi covid-19 yang terjadi saat ini adalah laboratorium bersama untuk menciptakan inovasi pembelajaran yang lebih baik dan lebih dinamis. 

Kata dia, semua aspek pendidikan bergotong royong mencari kebijakan dan formula untuk tetap bertahan mendidik walau dalam situasi yang tak menentu.

“Banyak Pemangku kepentingan di bidang pendidikan bahu-membahu bergotong-royong mengatasi kompleksitas situasi yang belum pernah terbayangkan sebelumnya. Para orang tua begitu aktif terlibat mendampingi anaknya saat belajar dari rumah, ayah dan ibu bahu-membahu memberikan motivasi menemani belajar, bahkan turut pula menjadi guru bagi anak-anak. Jutaan guru Indonesia turut serta dalam ribuan Webinar dan pelatihan, guru-guru Indonesia giat dan aktif mencari solusi terbaik demi berlangsungnya pembelajaran di masa Pandemi,” ujar Nadiem, dalam pidato Hari Guru secara virtual, Rabu (25/11/2020).

Menurut Nadiem sikap positif saling bantu dan bertanggung jawab atas pendidikan anak-anak, haruslah dilanjutkan dalam situasi apapun. Karena menurutnya, dari perjuangan para guru dan orang tuanyalah, anak-anak bisa belajar arti berjuang dan semangat pantang menyerah.

Kata dia, dari kolaborasi bersama tersebut dapat menghasilkan penataan dan pelaksanaan sistem pendidikan di Indonesia yang mengikuti pergerakan zaman.

“Kita jadikan pandemi ini sebagai laboratorium bersama untuk menempa mental pantang menyerah dan mengembangkan budaya inovasi. Saya juga mengajak semua pihak melanjutkan kolaborasi yang telah terbentuk, pandemi telah memberikan kita momentum dan pelajaran berharga untuk mengakselerasi penataan, pelaksanaan sistem pendidikan, melakukan lompatan dalam menghasilkan SDM unggul.” Ujar Nadiem.


Editor: Rony Sitanggang


(Redaksi KBR mengajak untuk bersama melawan virus covid-19. Selalu menerapkan protokol kesehatan dalam setiap kegiatan dengan 3M, yakni; Memakai Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan dengan Sabun.)

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Pesan untuk Kapolri Baru terkait Catatan Pelanggaran HAM

Sudah Negatif Covid, Perlu Swab Ulang?

Kabar Baru Jam 8

Strategi Pengusaha Hotel dan Resto Merespons PPKM