Susun Soal Ujian CPNS 2019, Kemendikbud Gandeng 22 Kampus

"Mungkin dalam pelatihan dasarnya (materi radikalisme) akan ada, tapi sedikit."

BERITA | NASIONAL

Rabu, 06 Nov 2019 16:25 WIB

Author

Adi Ahdiat

Susun Soal Ujian CPNS 2019, Kemendikbud Gandeng 22 Kampus

Warga Denpasar, Bali, mengikuti simulasi Computer Assisted Test (CAT) dalam sosialisasi seleksi CPNS 2019, Minggu (3/11/2019). (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melibatkan 22 perguruan tinggi (PT) untuk menyusun soal ujian seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2019.

"Kami dari Kemendikbud sebagai panitia seleksi nasional (Panselnas) ditugaskan membuat soal, dan kami melibatkan 22 PT karena soal tersebut juga mempertimbangkan kewilayahan," kata Sekjen Kemendikbud Didik Suhardi, seperti dilansir Antara, Rabu (6/11/2019).

Menurut Didik, soal-soal ujian itu nantinya akan mengetes wawasan kebangsaan, inteligensi umum, dan karakter pribadi para peserta seleksi.


Menangkal CPNS Berpaham Radikal

Didik menyebut tim penyusun soal ujian CPNS 2019 juga akan memasukan materi mengenai radikalisme.

Hal tersebut dilakukan untuk menyaring agar peserta seleksi yang berpaham radikal tidak lolos menjadi PNS.

"Untuk memperkuat menangani radikalisasi, perlu juga nantinya di latihan dasar CPNS," kata Didik.

Di kesempatan terpisah, Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana mengungkapkan materi terkait radikalisme akan dimasukkan dalam Tes Wawasan Kebangsaan (TWK).

"Soal TWK-nya sudah sangat terbatas, jadi mungkin dalam pelatihan dasarnya (materi radikalisme) akan ada, tapi sedikit," kata Bima. 

Editor: Sindu Dharmawan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18