Meski Jalanan Macet, Pemerintah Genjot Produksi Motor 10 Juta Unit per Tahun

"Pemerintah menargetkan (produksi) sepeda motor tumbuh sampai 10 juta unit (per tahun) di 2025, dengan 1 juta unit untuk pasar ekspor, dan 20 persennya adalah sepeda motor listrik."

BERITA | NASIONAL

Jumat, 29 Nov 2019 16:34 WIB

Author

Adi Ahdiat

Meski Jalanan Macet, Pemerintah Genjot Produksi Motor 10 Juta Unit per Tahun

Sepeda motor menyelinap di sela-sela kemacetan jalan Lenteng Agung, Jakarta, Sabtu (9/11/2019). (Foto: ANTARA)

KBR, Jakarta- Pemerintah berniat terus menggenjot produksi sepeda motor, baik untuk ekspor maupun untuk pasar domestik.

"Pemerintah menargetkan (produksi) sepeda motor tumbuh sampai 10 juta unit (per tahun) di 2025, dengan 1 juta unit untuk pasar ekspor, dan 20 persennya adalah sepeda motor listrik," kata Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang, seperti dilansir Antara, Jumat (29/11/2019).

Dalam acara Indonesia International Motor Show (IIMS) Motobike 2019 di Istora Senayan, Jakarta, Menperin Agus menyebut target itu sejalan dengan keinginan pemerintah menjadikan Indonesia sebagai pusat produksi kendaraan listrik Asia Tenggara pada 2030.

Agus menilai produksi sepeda motor mampu memberi kontribusi bagi ekonomi nasional melalui ekspor, investasi, dan penyerapan tenaga kerja.

"Sejak 2010, rata-rata pertumbuhan sepeda motor mencapai angka 6,5 juta unit per tahun. Banyak komponen lokal yang turut tumbuh sejalan dengan peningkatan produksi tersebut," kata Agus.


Kendaraan Pribadi Tumbuh Lebih Pesat dari Kendaraan Umum

Dalam beberapa tahun belakangan, jumlah kendaraan bermotor di Indonesia memang terus mengalami pertumbuhan.

Namun, pertumbuhan itu paling banyak terjadi pada kendaraan pribadi seperti sepeda motor dan mobil. Sedangkan untuk kendaraan yang bisa dimanfaatkan secara massal, seperti bus, pertumbuhannya sangat rendah.

Perbandingan jelasnya bisa dilihat dalam Statistik Transportasi Darat yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS), Rabu (27/11/2019).

Menurut data BPS, selama periode 2014-2018 jumlah sepeda motor di Indonesia rata-rata bertambah 6-7 juta unit per tahun.

Dalam periode sama, jumlah mobil rata-rata bertambah sekitar 1 juta unit per tahun.

Sedangkan untuk kendaraan jenis bus, pertumbuhannya hanya berkisar 22 ribu sampai 66 ribu unit per tahun, tidak sampai sepersepuluh dari pertumbuhan mobil.

Dan kini, menurut Asian Development Outlook 2019, sejumlah kota besar di Indonesia seperti Bandung, Jakarta, dan Surabaya sudah masuk ke daftar kota termacet sedunia.

Editor: Sindu Dharmawan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN

Perempuan dan Anak Dalam Pusaran Terorisme