Bom Mapolrestabes Medan, 6 Terluka

"Alhamdulillah laporan sementara korban tidak ada yg luka parah, tetapi ada luka-luka. Dan ada beberapa kendaraan dinas juga rusak,"

BERITA | NASIONAL | NUSANTARA

Rabu, 13 Nov 2019 11:20 WIB

Author

Valda Kustarini, Anugrah Andriansyah

Bom Mapolrestabes Medan, 6 Terluka

Polisi berjaga pascabom bunuh diri di Mapolrestabes Medan, Sumut, Rabu (13/11/2019). (Antara/Irsan Mulyadi)

KBR, Jakarta-  Kepolisian menyebut korban ledakan di Mako Polrestabes Medan, Sumatera Utara mencapai 6 orang. Juru Bicara  Polri M Iqbal  menyebut kejadian itu terjadi setelah apel pagi.

Kata dia, pelaku berjalan di depan kantor bagian operasi lalu meledakkan diri. 

"Diduga pelaku meninggal. Ada 6 korban, 5 dari personel polri dan satu sipil. Tetapi alhamdulillah laporan sementara korban tidak ada yg luka parah, tetapi ada luka-luka. Dan ada beberapa kendaraan dinas juga rusak," kata M Iqbal di Sentul International Convention Center, Bogor, Rabu (13/11/2019).

Iqbal mengatakan, saat ini Densus 88 antiteror dengan tim polrestabes Medan dan Polda Sumatera Utara sedang bekerja untuk melakukan proses penyelidikan. Iqbal menyebut tim kepolisian sedang mengidentifikasi apakah ledakan tersebut termasuk high explosive atau tidak.

Ia juga mengatakan sedang dilakukan pengolahan tempat kejadian perkara. Namun ia belum bisa memastikan apakah tersangka bom bunuh diri  ini masuk dalam jaringan teror atau tidak.

Kesaksian Warga

Ledakan dugaan bom bunuh diri yang terjadi di Polrestabes Medan, Rabu pagi (13/11/2019) sempat membuat panik warga. Lila Maya Sari, warga Kelurahan Sidorejo, Kecamatan Medan Tembung ini mengatakan pada saat ledakan ia sedang menunggu antrean mengambil surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) di Polrestabes Medan.

"Ya panik seperti terangkat begitu tanahnya. Saya sedang dekat mobil polisi yang besar di parkiran lokasi ledakan. Saya lagi menunggu mengambil surat keterangan catatan kepolisian (SKCK)," kata Lila kepada KBR, Rabu (13/11).

Saat ledakan terjadi Lila melihat gumpalan asap, dan suara bom terdengar keras.

"Saya ke sini pukul 08.00 WIB, pas saat kejadian ada terdengar suara bom dan asap langsung panik," katanya.

"Saya pun panik langsung lari keluar. Saya bilang sama ibu-ibu yang yang lain keluar-keluar. Polisi juga menginstruksikan begitu," tambah Lila.

Seseorang diduga pelaku bom bunuh diri di Mako Polrestabes Medan, Sumatera Utara, hingga pukul 10.10 WIB belum dievakuasi petugas. Ledakan diduga aksi bom bunuh diri terjadi Rabu pagi sekitar pukul 08.45 WIB.

Petugas masih menyisir seputar Mako Polrestabes Medan untuk pengembangan penyelidikan. Polisi juga memasang garis polisi  di lokasi.

Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

DPR Desak Menteri BUMN Evaluasi Total BUMN

Perempuan dan Anak Dalam Pusaran Terorisme