Pemerintah Pastikan Distribusi dan Stok Pangan Aman

"Di sana (wilayah timur Indonesia) akan merayakan Natal dan Tahun Baru, dan memerlukan pasokan bahan pangan yang lebih dari biasanya. sehingga memerlukan kecermatan dan antisipasi cuaca"

BERITA | NASIONAL

Selasa, 06 Nov 2018 16:07 WIB

Author

Dwi Reinjani

Pemerintah Pastikan Distribusi dan Stok Pangan Aman

Ketua Satgas Pangan, Setyo Wasisto. (Foto: Antara)

KBR, Jakarta - Ketua Satgas Pangan Polri, Setyo Wasisto, memastikan stok pangan menjelang Natal dan Tahun Baru aman dan sampai tepat waktu.

Ia mengatakan, untuk wilayah Timur Indonesia, stok pangan akan ditambah, mengingat mayoritas penduduk di sana merayakan Natal.

Bahkan, Setyo meminta agar agar tidak terjadi kenaikan yang signifikan, termasuk mempercepat distribusi dan selesai pada awal Desember 2018.

"Di sana akan merayakan Natal dan Tahun Baru, dan memerlukan pasokan bahan pangan yang lebih dari biasanya. Sehingga memerlukan kecermatan dan antisipasi cuaca, dalam distribusi menggunakan kapal kalau cuacanya enggak bagus akan tertunda juga, ini berpengaruh pada harga. Oleh sebab itu saya mengharapkan distribusi bahan pangan itu sudah sampai paling lambat awal Desember," ujar Setyo, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (06/11/2018).

Menurut Setyo Wasisto, akan lebih baik jika akhir November ini semua distribusi pangan selesai dilakukan.

Jika distribusi mandek atau terlambat, maka harga komoditas akan merangkak naik. 

"Iya, itu kan kenaikan di kita fluktuatif ya, naik turun, tapi ya itu karena misal stok belum sampai makanya jadi mahal. Kalau stok cukupkan engga akan ada yang mau jual barang mahal, kan banyak," ujar Setyo.

Setyo tidak menampik mulai terjadi kenaikan harga pangan sejak 2 minggu lalu. Ia mencontohkan kenaikan harga beras medium yang menjadi salah satu komoditas yang mempengaruhi tingkat inflasi, meski ia enggan menyebutkan berapa kenaikan beras tersebut.

"Kenaikannya memang tidak drastis, tapi kenaikan 1 persen pun sudah bisa menimbulkan inflasi. Makanya sedang kami jaga ini agar tidak naik, dan masyarakat bisa mendapat beras dengan harga yang rendah," pungkas Setyo Wasisto.


Editor: Kurniati

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Rangkuman Berita Sepekan KBR

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18