BERITA

PAN Kantongi Nama Pengganti Taufik Kurniawan Isi Kursi Wakil Ketua DPR

""Intinya kami menyampaikan, PAN sudah siap mengirimkan satu nama ke pimpinan DPR. Tidak ada kubu-kubuan, tidak ada tarik-menarik antarpengurus partai, antaranggota DPR di Fraksi PAN," kata Yandri."

PAN Kantongi Nama Pengganti Taufik Kurniawan Isi Kursi Wakil Ketua DPR
Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan (kanan) dikawal petugas menggunakan rompi orange usai diperiksa penyidik KPK, Jumat (2/11/2018)). (Foto: ANTARA/ Reno E)

KBR, Jakarta - Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto mengklaim partainya sepakat menyodorkan satu nama untuk dicalonkan menggantikan Taufik Kurniawan sebagai Wakil Ketua DPR. Taufik kini mendekam di rumah tahanan cabang Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) karena diduga terlibat korupsi Dana Alokasi Khusus (DAK) Tahun Anggaran 2016 Kabupaten Kebumen.

Kendati mengklaim sudah mengantongi nama, Yandri enggan membeberkan identitas pengganti Taufik Kurniawan. Ia pun belum bisa menentukan waktu pengiriman usulan itu ke Pimpinan DPR lantaran kini masih dalam masa reses.

"Intinya kami menyampaikan bahwa PAN sudah siap mengirimkan satu nama ke pimpinan DPR. Tidak ada kubu-kubuan, tidak ada tarik-menarik antarpengurus partai, antaranggota DPR di Fraksi PAN. Kami sudah mufakat," kata Yandri saat ditemui di Gedung MPR, Jakarta, Senin (5/11/2018).

Soal kapan usulan itu disampaikan, kata dia, rapat Badan Musyawarah (Bamus) terakhir hanya membahas penutupan masa sidang. Sehingga saat itu menurut Yandri, penentuan nama calon juga waktu penyerahan ke pimpinan DPR oleh DPP pun tak dibicarakan.

KPK menetapkan Taufik Kurniawan sebagai tersangka dugaan korupsi DAK Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Pada Jumat (2/11/2018) pekan lalu, Taufik ditahan usai sembilan jam diperiksa penyidik KPK. Politikus PAN itu ditahan di Rutan Cabang KPK di kawasan Kuningan, Jakarta selama 20 hari terhitung sejak 2 November 2018.

Baca juga:




Editor: Nurika Manan
  • Taufik Kurniawan
  • PAN
  • Wakil Ketua DPR
  • korupsi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!