Share This

Jumlah Pelamar CPNS yang Lolos Seleksi Kompetensi Dasar Tak Sesuai Target BKN

Data yang diterima Badan Kepegawaian Negara (BKN) menunjukkan untuk sementara ini hanya sekitar 4 persen dari total 2,6 juta pelamar CPNS, yang lolos seleksi kompetensi dasar.

BERITA , NASIONAL

Kamis, 08 Nov 2018 14:21 WIB

Sejumlah peserta mengikuti ujian seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018, Senin (5/11/2018). (Foto: ANTARA/ Syifa Y)

KBR, Jakarta - Data yang dimiliki Badan Kepegawaian Negara (BKN) menunjukkan untuk sementara ini hanya sekitar 4 persen dari total 2,6 juta pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) yang lolos batas nilai minimal atau passing grade seleksi kompetensi dasar.

Juru bicara BKN Mohammad Ridwan mengatakan, 4 persen adalah pelamar CPNS yang lolos pada kementerian/lembaga, sedangkan CPNS di daerah yang lolos seleksi kompetensi dasar hanya berkisar 2 hingga 2,5 persen. Kata dia, jumlah peserta yang lolos seleksi kompetensi dasar tersebut sangat jauh di bawah target BKN.

"Dari data yang ada sekarang, banyak yang tidak memenuhi target. Misal untuk satu formasi, kalau ada satu formasi, setidaknya yang lulus SKD tiga orang. Tapi yang lulus passing grade jauh di bawah itu. Ini yang sedang dicari solusinya. Jadi kurang banget," tutur Ridwan kepada KBR, Kamis (8/11/2018).

"Jadi sekarang sedang dicari jalan bagaimana kita bisa menyelamatkan penerimaan ini, karena peserta yang lolos passing grade jauh dari perkiraan kami. Sangat jauh," tambahnya lagi.

Meski begitu, Ridwan belum bisa merinci jumlah pelamar CPNS yang telah mengikuti seleksi kompetensi dasar, karena jumlahnya masih akan terus bertambah mengingat seleksi terus berlangsung.

Ia pun mengatakan, peserta seleksi kompetensi dasar juga tak bisa didasarkan pada pelamar CPNS yang lolos seleksi administrasi sebanyak 2,6 juta. Sebab biasanya ada beberapa pelamar yang tak melanjutkan proses seleksinya.

Ridwan memberikan ilustrasi, jika formasi yang dibuka untuk CPNS sebanyak 238 ribu, BKN menargetkan yang lolos passing grade seleksi kompetensi dasar ada tiga kalinya atau setidaknya 714 orang. Namun, jika kita anggap 2,6 juta pelamar yang lolos seleksi administrasi, seluruhnya mengikuti ujian kompetensi dasar, maka jumlahnya hanya sekitar 104 ribu.

Kendati menurutnya, jumlah peserta dan persentase kelulusannya masih sangat dinamis karena seleksi kompetensi dasar terus berlangsung.

Ridwan berkata, BKN mulai menggelar rapat bersama panitia seleksi, Ombudsman RI, dan beberapa kementerian untuk mencari solusi rendahnya peserta yang lolos passing grade tersebut. Namun, ia memastikan proses seleksi akan terus berjalan seraya berharap hari ini akan banyak pelamar yang lolos passing grade seleksi kompetensi dasar.

Pada seleksi kompetensi dasar, setiap pelamar harus mengerjakan 100 soal yang terdiri atas tes wawasan kebangsaan (TWU) 35 soal, tes intelegensia umum (TIU) 30 soal, dan tes karakteristik pribadi (TKP) 35 soal. Passing grade bagi peserta SKD 143 untuk TKP, 80 untuk TIU dan 75 untuk TWK.

Baca juga:




Editor: Nurika Manan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

Most Popular / Trending

Recent Podcast

September ini merupakan gelombang ketiga penetapan anggota DPRD Kota Malang sebagai tersangka oleh KPK.

Dengan langkah terbaru dari polisi, Istana mengklaim: Negara serius menuntaskan kasus Munir.

Aturan yang ada sangat mudah digunakan kelompok tertentu untuk melakukan persekusi atau kekerasan.

KPU tak kalah ngotot, meminta KPU daerah menunda proses pencaloan 12 nama bakal caleg eks napi korupsi yang sudah diloloskan Bawaslu.

Pelemahan rupiah karena kebijakan bank sentral AS The Fed, juga perang dagang AS-China.