BERITA

PBNU Desak Pemerintah Bubarkan Ormas Anti-Pancasila

PBNU Desak Pemerintah Bubarkan Ormas Anti-Pancasila


KBR, Jakarta- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Said Aqil Siradj meminta pemerintah membubarkan ormas Islam yang anti-Pancasila dan anti-NKRI. Namun, ia enggan menyebut  ormas Islam yang dimaksud.

"Ormas yang jelas-jelas bertentangan dengan Pancasila, Bhineka Tunggal Ika, UUD 1945, NKRI, saya mohon sejak dulu, dibubarkan. Nggak usah contohlah, pemerintah tahu, yang anti-Pancasila, anti-NKRI" kata Said Aqil di Pondok Gede, Kamis (24/11/2016).


Said Aqil menambahkan, ormas-ormas yang sesuai dengan Pancasila, konstitusi dan bhineka tunggal ika lahir sebelum Indonesia merdeka. Contohnya NU dan Muhammadiyah.


"Yang jelas ormas yang berjasa yang lahirnya sebelum NKRI, Muhammadiyah dan NU, Wasliyah, Syarikat Islam, itu lahirnya sebelum Indonesia merdeka," lanjutnya. 

Pada 11 Mei   lalu usai rapat dengan Presiden Joko Widodo di Istana,  Jaksa Agung, HM Prasetyo menyatakan tengah mengkaji pembubaran  sejumlah organisasi massa yang dinilai bertentangan dengan ideologi Pancasila.  Prasetyo menyebut   Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) yang  masuk dalam pantauan  pemerintah sebagai salah satu ormas anti-Pancasila. 


Editor: Rony Sitanggang

  • Ketua Umum Pengurus Besar (PBNU) Said Agil Siradj
  • hisbut tahrir indonesia
  • ormas anti-pancasila
  • Nahdlatul Ulama

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!