BERITA

Soal Hasil Audit Petral, DPR: Kami Akan Panggil ESDM

Soal Hasil Audit Petral, DPR: Kami Akan Panggil ESDM

KBR, Jakarta- Komisi Energi DPR bakal memanggil Kementerian ESDM terkait hasil audit forensik terhadap PT Petral anak perusahaan PT Pertamina. Audit itu menemukan ada sejumlah kejanggalan dan potensi pelanggaran hukum, termasuk mafia migas. Anggota Komisi Energi DPR Harry Purnomo mengatakan DPR masih menunggu tindaklanjut pemerintah terhadap hasil audit forensik. Jika indikasinya valid, maka Kementerian ESDM harus segera melaporkan temuan itu kepada aparat hukum, baik KPK, Kejaksaan Agung maupun Kepolisian. 

"Senin nanti kita akan menanyakan tindaklanjutnya nanti. Tidak pada substansinya lagi, karena ini sudah menjadi tugas pemerintah untuk menindaklanjuti, kalau memang indiksi itu benar adanya. Entah itu KPK atau Kejaksaan Agung, atau polisi, kita tunggu saja, jangan hanya sampai wacana," ujarnya dalam program KBR Pagi, Kamis (12/11).

Awal pekan ini Kementerian ESDM mengumumkan hasil audit forensik Petral dari auditor independen. Hasilnya, ditemukan keterlibatan pihak ketiga dalam mengatur bisnis BBM yang dijalankan Petral. Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto pun mengungkapkan adanya kebocoran informasi rahasia dalam proses pengadaan minyak dan produk minyak? perseroan. Bahkan, jaringan mafia minyak dan gas (migas) menguasai kontrak suplai minyak senilai US$ 18 miliar atau sekitar Rp 250 triliun selama tiga tahun. 

Editor: Dimas Rizky

  • kementerian ESDM
  • petral
  • audit
  • Pertamina
  • DPR

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!