HEADLINE

Pertamina Berkeras Tak Beli Tanah Taman Nasional Kerinci

"Pertamina menggunakan Areal Penggunaan Lain yang statusnya telah diverifikasi oleh Dirjen Planologi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan."

Wydia Angga

Pertamina Berkeras Tak Beli Tanah Taman Nasional Kerinci

KBR, Jakarta - PT Pertamina meyakini pembelian tanah di Desa Bintang Marak, Kerinci, Jambi tak termasuk Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) .

Juru Bicara Pertamina, Wianda Pusponegoro menegaskan, perusahaannya takkan melanggar perizinan di suatu wilayah. Menurutnya Pertamina menggunakan Areal Penggunaan Lain yang statusnya telah diverifikasi oleh Dirjen Planologi Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Seandainya Pertamina harus membeli tanah dari warga, ia memastikan pembeliannya sudah melalui verifikasi otoritas setempat, seperti camat maupun lurah. Serta telah ada pengecekan kelengkapan surat-surat.


"Sudah terverifikasi, tetapi apapun itu kan ada otoritas pengelola wilayah tersebut seperti lurah dan camat. Kalau memang masyarakat masih mau bertanya dan segala macam ya tetap kita fasilitasi. Karena kita bekerja di suatu wilayah kan tidak hanya satu atau dua tahun. Kita bekerja dalam waktu yang panjang. Sebelum kita lakukan pembelian tanah kita harus verifikasi dulu semua sertifikat tanah yang jelas," kata Wianda kepada KBR (22/11/2015).


Sebelumnya dilaporkan Kepala Desa Bintang Marak, Kerinci, Jambi, Halwati diduga memalsukan surat keterangan tanah (SKT) pada tanah yang berada di kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS). Surat ini kemudian digunakan untuk menjual tanah di kawasan TNKS kepada PT Pertamina Geothermal Energy (PGE).

 

  • kerinci seblat
  • PT Pertamina
  • wianda pusponegoro
  • taman nasional

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!