NASIONAL

Warga Hatus Aktif Laporkan Tempat Mencurigakan

"KBR, Jakarta - Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri meminta masyarakat aktif melaporkan tempat yang dicurigai sebagai penampungan ilegal TKI."

Rio Tuasikal

Warga Hatus Aktif Laporkan Tempat Mencurigakan
tki, ilegal, hanif

KBR, Jakarta - Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri meminta masyarakat aktif melaporkan tempat yang dicurigai sebagai penampungan ilegal TKI. Hanif menjelaskan, warga patut mencurigai terhadap tempat yang luas dan tertutup rapat oleh pagar.

Menurut dia, tempat penampungan TKI ilegal tersebut biasanya merupakan bekas gudang dan pabrik besar. Seperti yang Hanif temukan saat blusukan ke tempat penampungan ilegal TKI di Tebet, Jakarta, Rabu lalu.

"Tolong kalu misalnya ada model model begini kasih laporan ke kami," kata Hanif dalam talkshow Perspektif Indonesia di Gado Gado Boplo, Jakarta, Sabtu (8/11) siang. "Saya juga menerima banyak laporan. Dari sms itu kita bisa (cek) ngacak saja. Ini kan banyak informasi yang masuk, di PT ini, di PT itu. Jadi kalau misalnya kita langsung ke tempat itu begitu saja, kejadiannya seperti yang di Tebet itu," tambah Hanif.

Hanif Dakhiri menambahkan, masyarakat harusnya waspada dengan masalah TKI, bukan mengkritik gayanya. Dia meminta masukan masyarakat dalam menyelesaikan masalah penampungan ilegal TKI.

Rabu lalu, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakhiri melakukan sidak ke tempat yang diduga menampung TKI secara ilegal. Hanif sempat tidak dibolehkan masuk oleh pemilik penampungan sehingga harus melompat pagar. Hanif menemukan 40-an calon TKI dengan kondisi memprihatinkan. Setiap hari mereka tidur, makan, dan berlatih di satu ruang tamu saja.

Editor: Nanda Hidayat

  • tki
  • ilegal
  • hanif

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!