NASIONAL

PUKAT UGM : DPR Cepat Lakukan Uji Kelayakan Kepatutan Pimpinan KPK

"KBR, Jakarta - DPR didesak segera menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan KPK sebelum akhir tahun."

PUKAT UGM : DPR Cepat Lakukan Uji Kelayakan Kepatutan Pimpinan KPK
pimpinan kpk, uji kelayakan, pukat ugm

KBR, Jakarta - DPR didesak segera menggelar uji kelayakan dan kepatutan calon pimpinan KPK sebelum akhir tahun. Pegiat LSM Antikorupsi PUKAT UGM, Oce Madril mengatakan, lembaga parlemen harus melakukan uji kelayakan dan kepatutan piminan KPK pengganti Busyro. Sebab jabatan Busyro akan berakhir pada pertengahan bulan depan.

"Berarti pimpinannya cuma empat tidak bisa dipaksakan satu itu ditunjuk. Konsekuensinya kalau molor ya empat pimpinan bisa jalan. Bahkan dulu kita punya pengalaman pimpinan KPK cuma tiga orang. Kalau pun molor, KPK tidak akan stagnan. Lebih baik memang DPR mempercepat proses fit proper test terhadap dua calon itu," ungkap pegiat LSM antikorupsi Pukat UGM, Oce Madril ketika dihubungi KBR, Sabtu (1/11)

Sebelumnya, dua nama calon pimpinan KPK Busyro Muqoddas dan Kepala Bidang Hubungan Internasional Sekretariat Kabinet Robby Arya Brata sudah diberikan Presiden SBY kepada DPR.

Namun, hingga kini proses uji kelayakan dan kepatutan belum dapat dilakukan karena kisruh dalam tubuh parlemen. Masa jabatan Busyro sendiri akan habis pada pertengahan Desember 2014.

Editor: Nanda Hidayat

  • pimpinan kpk
  • uji kelayakan
  • pukat ugm

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!