Pemerintah London akan Tiru Car Free Day di Jakarta

Pemerintah Kota London, Inggris, berencana meniru hari bebas kendaraan bermotor atau car free day yang ada di Jakarta.

NASIONAL

Minggu, 30 Nov 2014 10:20 WIB

Author

Indra Nasution

Pemerintah London akan Tiru Car Free Day di Jakarta

lalu lintas, kerjasama, london, car free day

KBR, Jakarta- Pemerintah Kota London, Inggris, berencana meniru hari bebas kendaraan bermotor atau car free day yang ada di Jakarta.

Hal tersebut disampaikan Walikota London Boris Johnson saat bersepeda di kawasan Bundaran HI, bersama Gubernur Jakarta, Basuki T Purnama dan Presiden Joko Widodo. Boris Johnson mengatakan, dirinya butuh keberanian untuk menjalankan program ini, karena adanya penutupan jalan untuk kendaraan bermotor. Kata dia program ini dapat menarik minat masyarakat berkumpul dan berolahraga.

"Saya sangat terkesan apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah Jakarta terkait car free day. Apa yang dia lakukan melalui program ini, bisa dibilang luar biasa, kami juga ingin menirunya di London, tetapi saya sadar ini akan sangat sulit karena butuh keberanian untuk memblokir arus lintas dan mengalihkannya."

Dalam kesempatan ini Walikota Inggris, Johnson juga menghibahkan 12 sepeda untuk pemerinta Jakarta. Sepeda tersebut diberikan secara simbolis yang diterima Jokowi dan Ahok.

Presiden Jokowi mengatakan, setahun lalu Johnson telah mengirim surat Jokowi semasa dia masih menjabat gubernur untuk datang ke Indonesia. Jokowi pun mengatakan dirinya juga ingin belajar dari Inggris tentang transportasi di sana.

Sebelumnya, Ahok dan Boris telah bertemu membahas soal penyelenggaraan Asean Games Selain itu juga mendiskusikan perihal alat transportasi masal. Ahok mendapatkan banyak pelajaran dari Boris perihal transportasi bawah tanah yang dimiliki London dan telah bertemu beberapa investor untuk dapat membantu membangun properti bawah tanah di Jakarta. 


Boris dan Ahok juga membahas perihal tentang permasalahan kota yang terjadi di Jakarta. Boris siap untuk membantu Ahok dalam membuat model transportasi masa yang memadai di wilayah Jakarta.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Pemerintah Diminta Pidanakan Tindakan Penyiksaan Oleh Aparat