NASIONAL

Pemerintah Jokowi Janji Jelaskan Alasan Naikkan BBM ke DPR

"KBR, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan pemerintah bakal menjelaskan kebijakan kenaikan harga BBM ke DPR. Namun tidak dalam waktu dekat ini."

Abu Pane

Pemerintah Jokowi Janji Jelaskan Alasan Naikkan BBM ke DPR
jokowi, BBM, naik, premium

KBR, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno mengatakan pemerintah bakal menjelaskan kebijakan kenaikan harga BBM ke DPR. Namun tidak dalam waktu dekat ini.

Ia mengatakan penjelasan perlu dilakukan karena pengalihan anggran subsidi BBM ke sektor produktiF belum tertuang dalam ABPN 2015. Diantaranta untuk menambah guru, membangun infrastruktur di sektor pendidikan dan kesehatan.

"Itu pada dasarnya, dalam arti program itu pasti akan disampaikan. Karena sebagian program itu akan masuk tambahan. Karena sebagian itu belum ada di anggaran sekarang, di APBN 2015. Programnya ini sekarang disiapkan Departemen Keuangan untuk kita memasukan APBN-P. Itu Januari," ujar Rini di Jakarta, Rabu (19/11).

Sebelumnya Fraksi Partai Gerindra di DPR RI bakal menggunakan hak interpelasinya atau meminta penjelasan Presiden terkait kebijakan kenaikan harga BBM. Wakil Ketua DPR RI dari Gerindra Fadli Zon mengatakan, kebijakan menaikkan BBM tersebut tidak tepat.

Sebab harga minyak dunia sedang turun. Sedangkan anggota DPR RI dari Partai Golkar, Popong Otje Djundjunan mempertanyakan apakah Pemerintah memberitahu Pimpinanan DPR sebelum harga BBM dinaikkan.

Sementara Menteri Koordinator Perekonomian Sofyan Djalil saat pengumuman BBM mengatakan kebijakan menaikkan BBM tidak harus mendapat persetujuan DPR.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • jokowi
  • BBM
  • naik
  • premium

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!