NASIONAL

Lima Negara Ini Akan Bebas Visa Masuk Ke Indonesia

"Kementerian Pariwisata memberlakukan bebas visa masuk ke Indonesia bagi wisatawan dari lima negara, yaitu Tiongkok, Australia, Jepang, Rusia dan Korea Selatan."

Hermawan

Lima Negara Ini Akan Bebas Visa Masuk Ke Indonesia
bebas visa, mancanegara, wisatawan, ekonomi

KBR, Banyuwangi- Kementerian Pariwisata memberlakukan bebas visa masuk ke Indonesia bagi wisatawan dari lima negara, yaitu Tiongkok, Australia, Jepang, Rusia dan Korea Selatan.

Menteri Pariwisata Arief Yahya menjelaskan, ini dilakukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia. Dengan diberlakukanya visa masuk bagi lima negara tersebut diharapkan dapat menarik sekitar 500 ribu wisatawan pertahunnya.

Menurut Arief Yahya, langkah yang diambil pemerintah ini sudah melalui proses perhitungan. Meski dengan diberlakukanya bebas visa masuk dan pendapatan negara hilang 25 dolar perwisatawan, namun keuntungan dari pembebasan visa lebih signifikan.

“Salah satu yang layanan yang diharapkan visa free atau bebas visa. Bebas visa itu bukan karena 25 dolarnya tetapi ketika orang harus mengurus visa ke suatu negara itu sudah kebayang sulitnya. Thailad itu membebaskan saya bulatkan saja 60 negara, Malaysia 160 negara. Jadi kalau kita debat yang lain sudah membebaskan dari lama karena mereka ikhlas ini cara paling mudah untuk meningkatkan ketenagakerjaan devisa 10 miliar dolar,” kata Arief Yahya.

Menteri Pariwisata RI Arief Yahya menambahkan, Kementerian Pariwisata juga akan menggenjot promosi, baik melalui televisi maupun melalui media sosial lainya.

Dalam promosi wisata kali ini pemerintah akan menjadikan Bali, Jakarta, dan Batam sebagai ikon dengan menyertakan obyek wisata di daerah sekitarnya. Sebab tiga daerah ini merupakan yang terbanyak dikunjungi wisatawan asing di Indonesia. Pemerintah menargetkan kunjungan wisatawan sebanyak 20 juta orang pada 2019. 

Editor: Dimas Rizky

  • bebas visa
  • mancanegara
  • wisatawan
  • ekonomi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!