NASIONAL

Ketua MPR Mangkir Pemeriksaan KPK

"Ketua MPR Zulkifli Hasan menyatakan tak dapat memenuhi panggilan KPK karena padatnya agenda antara lain peringatan Hari Pahlawan. Namun Zulkifli menyanggupi dapat hadir Selasa (11/11)."

Khusnul Kotimah

Ketua MPR Mangkir Pemeriksaan KPK
kpk, zulkifli hasan

KBR, Jakarta- Ketua MPR Zulkifli Hasan menyatakan tak dapat memenuhi panggilan KPK  karena padatnya agenda antara lain peringatan Hari Pahlawan. Namun Zulkifli menyanggupi dapat hadir Selasa (11/11). 


Senin (10/11), KPK mengagendakan pemanggilan Zulkifli Hasan sebagai saksi dengan tersangka Gubernur Riau nonaktif Annas Maamun. Zulkifli diperiksa dalam kapasitasnya sebagai Menteri Kehutanan saat itu.


“Besok saya akan menjadi saksi karena ada tersangka baru. Jadi besok saya akan datang pukul 10.00 WIB, “ kata Zulkifli Hasan di Gedung MPR.


Selain Zulkifli, dalam kasus dugaan suap pengajuan revisi alih fungsi hutan Riau tahun 2014 ini KPK juga memanggil saksi lainnya, yakni Dirjen Planalogi Kemenhut Bambang Supijanto.


September lalu, Annas bersama dengan pengusaha perkebunan sawit, Gulat Manurung serta tujuh orang lainnya terjaring Operasi Tangkap Tangan (OTT) KPK di Perumahan Citra Grand Cibubur.


Annas diduga menerima suap terkait alih fungsi lahan Kelapa Sawit yang berada di Hutan Tanaman Industri (HTI) supaya dikeluarkan izin Area Peruntukan Lain (APL) di Kabupaten Kuantan Singingi, Riau.


Dalam kesempatan yang lain, Annas Maamun mengakui telah mengajukan rekomendasi revisi SK.673 tentang Perubahan Kawasan Hutan ke Kementerian Kehutanan. Ia mengaku rekomendasi itu direstui oleh Menteri Kehutanan saat itu Zulkifli Hasan.


Editor: AntoniuS Eko 


  • kpk
  • zulkifli hasan

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!