NASIONAL

Jokowi Kritik Kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia

"Presiden Joko Widodo merayakan Hari Menanam Pohon Indonesia dengan cara menanam 2000 pohon di Wonogiri, Jawa Tengah, Sabtu (29/11)."

Abu Pane

Jokowi Kritik Kegiatan Hari Menanam Pohon Indonesia
jokowi, tanam pohon

KBR, Wonogiri - Presiden Joko Widodo merayakan Hari Menanam Pohon Indonesia dengan cara menanam 2000 pohon di Wonogiri, Jawa Tengah, Sabtu (29/11). 


Usai menanam pohon tersebut, Jokowi meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) untuk menghentikan acara seremonial itu. Menurutnya, peringatan harusnya dilakukan dengan menanam pohon secara langsung di hutan Indonesia.


"Jangan seremonial. Mulai tahun depan kita kumpul bareng tidak duduk. Tetapi, ini ada berapa yang duduk! Dua ribu orang yang siapin lubang 2.000. Yang nonton 10 ribu, ya siapin 10 ribu (bibit pohon). Ya daripada nonton-nonton lebih baik beri saja satu-satu bibit. Lalu tanam, itu langsung jadi. Di sini buat apa kita duduk di sini. Seremoni seperti itu harus dihentikan," ujar Jokowi. 


Sementara itu Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menargetkan menanam dua milliar pohon pada 2014 hingga 2015 mendatang. Menteri KLHK  Siti Nurbaya mengatakan, kegiatan menanam pohon perlu ditingkatkan untuk menciptakan lingkungan yang baik untuk bertani. Dengan begitu ia berharap target swasembada pangan bisa tercapai tiga tahun mendatang.


Editor: Antonius Eko

  • jokowi
  • tanam pohon

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!