NASIONAL

Harga BBM Subsidi Naik, Inflasi Naik 2 Persen

Harga BBM Subsidi Naik, Inflasi Naik 2 Persen

KBR, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyatakan kenaikan harga BBM akan meningkatkan inflasi hingga dua persen. Menkeu Bambang Brodjonegoro juga memprediksi besaran inflasi akan terus melonjak hingga Februari 2015. Namun ia menilai besaran kenaikan inflasi pada 2015 tidak akan signifikan. Selain itu Bambang juga mengatakan kenaikan BBM juga membuat pemerintah memiliki ruang fiskal hingga Rp 100 trilliun.

"Jadi kalau kita mengambil base line 5,3% maka perkiraan inflasi akhir tahun 7,3% untuk 2014. Mengenai tambahan ruang fiskal tadi sudah saya sampaikan, meski kita sudah hitung asumsi APBN 2015 tapi perkiraan tambahan ruang fiskal itu bisa diatas Rp100 triliun dan tentunya kita harapkan defisit tahun 2015 bisa diturunkan," ujar Bambang di Jakarta, Senin (17/11).

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menambahkan kenaikan BBM bersubsidi akan mempermudah negara untuk menyediakan anggaran untuk pembangunan infrastruktur. Dengan begitu ia menargetkan pengurangan devisit anggaran hingga dua persen. Sementara itu Menteri Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Adrinof Chaniago mengatakan pengalihan anggaran subsidi BBM untuk infrastruktur pertanian dan kelautan akan membuat Indonesia mampu berswasembada pangan. Sebab anggaran subsidi BBM tersebut juga akan dialihkan pada pembangunan irigasi dan bendungan.


Editor: Irvan Imamsyah

  • bbm
  • subsidi
  • jokowi
  • solar
  • premium

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!