Cegah Ebola, Bandara Soeta Siapkan Kartu Kesehatan

KBR, Jakarta - Pengelola Bandara Soekarno Hatta memberikan kartu kesehatan bagi para pendatang dari negara endemik ebola.

NASIONAL

Minggu, 02 Nov 2014 22:53 WIB

Author

Evylin Falanta

Cegah Ebola, Bandara Soeta Siapkan Kartu Kesehatan

ebola, kediri, bandara

KBR, Jakarta - Pengelola Bandara Soekarno Hatta memberikan kartu kesehatan bagi para pendatang dari negara endemik ebola. Kepala Kantor Kesehatan Bandara Soekarno Hatta, Oenedo Gumarang mengatakan kartu itu digunakan untuk mengantisipasi masuknya virus mematikan tersebut di Indonesia. Menurutnya, selama ini pihaknya rutin memeriksa kesehatan para pendatang dari luar negeri.


“Sejauh ini kita masih tetap belum bisa mengambil tindakan apa-apa terhadap orang yang sehat karena itu memang adalah hak mereka untuk jalan. Cuma kita beri mereka kartu Health Alert Card itu yang kita berikan kepada mereka. Jadi, kalau mereka sakit seperti yang sudah terjadi sekarang, mereka datang dari daerah tertular, mereka sakit ya mereka bawa kartu itu ke dokternya sehingga dokternya tahu mengarahkan pemeriksaannya kemana,” jelas
Oenedo Gumarang.

Kepala Kantor Kesehatan Bandara Soekarno Hatta,
Oenedo Gumarang menambahkan dua TKI yang diduga terjangkit ebola juga sudah mendapatkan kartu kesehatan tersebut. Menurutnya, kedua TKI tersebut juga sudah menjalani pemeriksaan selama di bandara.


Sebelumnya, dua orang TKI yang datang dari Afrika dan Liberia diduga terjangkit virus ebola. Salah satu TKI asal Madiun, Jatim sudah diperiksa di RSUD Madiun kemarin, dan hasilnya pasien lelaki berusia 29 tahun itu positif menderita malaria. Sedangkan pasien terduga Ebola di Kediri suhu tubuhnya semakin menurun dan stabil. Keduanya kini diisolasi di rumah sakit berbeda.


Editor: Rony Sitanggang

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Pemerintah akan Evaluasi Peningkatan Serapan Anggaran

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17