NASIONAL

BPJS Ketenagakerjaan Sediakan Rumah Murah

"KBR, Jakarta - Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bakal mengucurkan Rp 200 milliar dana talangan uang muka pembelian rumah oleh pekerja."

BPJS Ketenagakerjaan Sediakan Rumah Murah
BPJS, rumah murah

KBR, Jakarta - Badan Penyelenggaran Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan bakal mengucurkan Rp 200 milliar dana talangan uang muka pembelian rumah oleh pekerja.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan Elvyn G Masassya mengatakan, nantinya setiap pekerja yang bakal membeli perumahan yang dibangun BPJS akan diberi dana talangan uang muka, Rp 50 juta setiap pekerja. Syaratnya adalah pekerja tersebut adalah anggota BPJS dengan gaji di bawah Rp 4,5 juta.

"Membangun landed house bekerjasama dengan pihak ketiga. BPJS ketenagakerjaan memberikan uang muka perumahannya dengan bungan yang sangat rendah. Lalu memberikan akses ke Perbankan untuk memberikan kredit pada pekerja itu dengan bunga yang juga murah. Nanti akan ada satu forum koordinasi yang akan dipimpin Wapres terkait dengan hal ini," ujar Elvyn di Jakarta, Rabu (26/11).

Elvyn menambahkan mulai 2015 pihaknya akan membangun perumahan khusus pekerja peserta BPJS. Pembangunan tersebut akan dipusatkan di daerah kantong-kantong pekerja.

Seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan dan sebagian Sumatera. Selain itu BPJS juga berencana membangun Rumah Susun Sewa (Rusunawa) dan Rumah Susun hak Milik (Rusunami) di daerah tersebut.

Jumlah yang akan dibangun sesuai permintaan pekerja. Untuk membangun hunian tersebut, BPJS akan bekerjasama dengan Kementerian Perumahan.

Editor: Pebriansyah Ariefana

  • BPJS
  • rumah murah

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!