Benahi Sistem TKI, Menteri Akan Contoh Filipina

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengatakan akan mencontoh Filipina dalam membenahi sistem TKI.

NASIONAL

Minggu, 09 Nov 2014 08:40 WIB

Author

Rio Tuasikal

Benahi Sistem TKI, Menteri Akan Contoh Filipina

tki, menaker, filipina

KBR, Jakarta- Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri mengatakan akan mencontoh Filipina dalam membenahi sistem TKI.

Kata Hanif, Filipina dikenal memiliki tenaga kerja yang lebih unggul dan perlindungan yang lebih baik. Kementerian Tenaga Kerja saat ini sedang mendata aspek-aspek yang bisa ditiru dari negara di utara Sulawesi tersebut.

"Banyak di Filipina itu. Katakan misalnya dari soal pelatihannya dan rekrutmennya. Kemudian medical check-up mereka bekerja sama dengan swasta dan rumah sakit. Macam-macam. Di sana kan dari segi kompetensi tinggi dan bagus, dari segi perlindungan bagus," kata Hanif usai talkshow Perspektif Indonesia di Gado Gado Boplo, Jakarta, Sabtu (8/11) siang.

Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri menambahkan, pemerintah Filipina juga terbukti serius melindungi tenaga kerjanya di luar negeri. Bahkan Wakil Presiden Filipina Teofisto Guingona pernah datang langsung ke Brunei karena 400 tenaga kerja Filipina mogok kerja di pabrik garmen. Dia datang berunding dengan pemerintah Brunei.

Kata Hanif, tenaga kerja asal Filipina bisa digaji dua kali lipat dibanding TKI. Karena itu, Kementerian Tenaga Kerja saat ini mendorong adanya standar kemampuan dan sertifikasi TKI. Ini agar TKI lebih baik daya saingnya dan akhirnya lebih sejahtera.

"Maka gajinya harus menyesuaikan kemampuannya. Indonesia harus siap dengan itu. Majikan yang biasa menggaji dengan murah harus siap menaikkannya," tambah Hanif.

Editor: Dimas Rizky

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Modus Baru, JAD Gunakan Racun untuk Aksi Teror