(Video) Waria Indonesia Suarakan Harapan dan Mimpi Mereka

Saya kuliah di salah satu perguruan tinggi agama Islam. Kalau sudah bicara soal agama, agak sulit bicara soal orientasi seks. Saya mendapat perlakuan diskriminatif, jadi saya keluar,

NASIONAL

Jumat, 21 Nov 2014 18:32 WIB

Author

Antonius Eko

(Video) Waria Indonesia Suarakan Harapan dan Mimpi Mereka

waria, indonesia

Apa cita-cita Anda saat besar nanti? Saat pertanyaan ini ditanyakan ke beberapa waria, yang terekam dalam video yang dibuat LSM Suara Kita, jawabannya tak banyak beda dengan masyarakat umum. 


Ketika kecil mereka bercita-cita menjadi guru, dokter, psikolog atau dosen. Namun, jalannya hidup membuat cita-cita mereka berubah. Menjadi waria membuat menyebabkan peluang kerja menjadi sangat terbatas. 


“Saya kuliah di salah satu perguruan tinggi agama Islam. Kalau sudah bicara soal agama, agak sulit bicara soal orientasi seks. Saya mendapat perlakuan diskriminatif, jadi saya keluar,” kata salah satu waria di video itu. 


Seorang waria pernah bercita-cita menjadi dokter. “Setidaknya sekarang saya bisa merawat orang lain dan mengkampanyekan kesehatan transgender,” katanya. 


Waria lain punya cita-cita yang sederhana, “Saya ingin membuktikan bahwa saya bisa mandiri. Saya juga ingin membahagiakan orangtua.” 


Video ini dibuat untuk memperingati Hari Transgender Sedunia yang jatuh pada 20 November untuk  mengenang kematian Rita Hester. Dia adalah  seorang aktivis transgender dari San Francisco,  Amerika Serikat yang dibunuh orang tak dikenal pada 28 November 1998. 

 

Suara Kita menggelar serangkaian acara mulai diskusi sampai pemutaran film yang dilakukan pada 18 sampai 23 November. Tujuannya untuk mengkampanyekan pemahaman masyarakat mengenai transgender. (magdalene.co)  



Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 20

Kabar Baru Jam 19

Kabar Baru Jam 18

Kabar Baru Jam 17

Rencana Pembentukan Komponen Cadangan Militer Tuai Polemik