covid-19

Tahun Depan, BI Terbitkan Uang Kertas Baru

Bank Indonesia (BI) memastikan mengeluarkan uang kertas rupiah baru tahun depan. Juru bicara BI, Peter Jacobs mengatakan, uang baru tersebut tidak hanya ditandatangani Gubernur BI, melainkan juga dengan Menteri Keuangan.

NASIONAL

Minggu, 17 Nov 2013 20:56 WIB

Author

sasmito

Tahun Depan, BI Terbitkan Uang Kertas Baru

BI, uang

KBR68H,Jakarta - Bank Indonesia (BI) memastikan mengeluarkan uang kertas rupiah baru tahun depan. Juru bicara BI, Peter Jacobs mengatakan, uang baru tersebut tidak hanya ditandatangani Gubernur BI, melainkan juga dengan Menteri Keuangan. 


Selain itu, Kata Dia, uang baru tersebut akan menggunakan teknologi yang lebih bagus dibandingkan dengan uang yang lama untuk mengurangi pemalsuan.


“Nanti sesuai UU yang baru, uang yang harus ditandatangani antara Gubernur BI dan Menteri Keuangan. Tapi sementara tahun ini masih ditandatangani Dewan Gubernur BI. Jadi ini tergantung kapan diterbitkannya, kita sedang proses dan salah satunya untuk mencegah pemalsuan uang,” ujar Peters Jacobs kepada KBR68H


Juru bicara BI, Peter Jacobs menambahkan nominal pecahan uang kertas baru tersebut akan sama dengan pecahan sebelumnya. Sementara itu, untuk uang yang lama akan ditarik secara bertahap berbarengan dengan peredaran uang baru tersebut. Kemudian untuk uang yang sudah layak edar akan dimusnahkan dengan berkoordinasi dengan Kementerian Keuangan.


Editor: Antonius Eko 

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

DE-SI (Depresi to Prestasi)

War On Drugs

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10