Status Sinabung Naik Menjadi Awas

KBR68H, Jakarta - Status Gunung Sinabung naik menjadi level IV atau awas.

NASIONAL

Minggu, 24 Nov 2013 14:03 WIB

Author

Novaeny Wulandari

Status Sinabung Naik Menjadi Awas

Erupsi, Sinabung, Debu Vulkanik, Siaga, Awas

KBR68H, Jakarta - Status Gunung Sinabung naik menjadi level IV atau awas. Kepala pos pengamatan Gunung Sinabung Armyn Putra mengatakan, naiknya status ini karena gempa tremor yang terus menerus terjadi dan makin banyaknya jumlah material yang keluar dari mulut gunung. Ia menghimbau kepada masyarakat yang masih berada di jarak 5 km untuk segera mengungsi.

"Aktivitasnya lebih meningkat terus untruk saat ini intensitas gempanya lebih tinggi daripada kemarin. Ini material yang dikeluarkan juga lebih banyak. Saat ini kita menganjurkan 17 desa untuk mengungsi yang berada pada radius 5 kilometer. Gempa tremornya terus menerus, dari 24 jam nyambung terus-terus begitu. Tadi berupa abu, lalu batuan kecil-kecil, ada awan panasnya juga," ujar Armyn saat dihubungi KBR68H.

Kepala pos pengamatan Gunung Sinabung Armyn Putra.

Abu vulkanik letusan gunung Sinabung telah mencapai kota Medan yang berjarak seratusan kilometer dari Sinabung. Namun Kementerian Perhubungan menyebutkan aktivitas bandara di Kuala Namun di Sumatera Utara belum terganggu.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 7

Kesiapan Mental sebelum Memutuskan Menikah

Kabar Baru Jam 8

Setahun Pandemi dan Masalah "Pandemic Fatigue"

Kabar Baru Jam 10