NASIONAL

Sabtu, Ribuan TKI dari Arab Mulai Dipulangkan

"KBR68H, Nusa Dua - Pemulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang masa izin tinggalnya habis di Arab Saudi akan dilakukan secara bertahap mulai Sabtu besok. Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyampaikan seluruh biaya pemulangan ditanggung pemerintah."

Sabtu, Ribuan TKI dari Arab Mulai Dipulangkan
TKI, arab saudi

KBR68H, Nusa Dua - Pemulangan tenaga kerja Indonesia (TKI) yang masa izin tinggalnya habis di Arab Saudi akan dilakukan secara bertahap mulai Sabtu besok. Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyampaikan seluruh biaya pemulangan ditanggung pemerintah.

Namun untuk tahap awal, pemulangan akan disesuaikan dengan tingkat kerawanan masing masing TKI yang harus segera dibawa pulang.

“Yang sekarang kita lakukan adalah memberikan perhatian khusus terhadap perempuan, anak-anak dan kelompok yang sakit, dan sudah dipastikan mereka mendapatkan perhatian khusus. Saat ini saya sudah lapor ke bapak presiden, sudah ada instruksi dari bapak presiden untuk semakin memastikan kondisi warga kita tetap baik,” kata Marty Natalegawa

Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa menyebutkan proses pemulangan TKI sebenarnya menjadi tanggung jawab Pemerintah Arab Saudi. Namun, karena situasi saat ini tengah gawat sehingga pemerintah Indonesia mengambil inisiatif sendiri karena menyangkut keselamatan nyawa TKI.

Berdasar data yang diperolehnya, saat ini ada sekira 7.800 TKI yang sudah dievakuasi dari beberapa wilayah di Arab Saudi ke tempat penampungan sementara di imigrasi. Sebanyak 80 ribu lebih TKI di Arab Saudi tak bisa menyelesaikan pemutihan dokumen izin tinggal karena buruknya pelayanan imigrasi di sana.

Editor: Suryawijayanti 

  • TKI
  • arab saudi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!