NASIONAL

Rupiah Melemah, Pemerintah Perketat Impor Lima Komoditi Pangan

Rupiah Melemah, Pemerintah Perketat Impor Lima Komoditi Pangan

KBR68H, Jakarta - Pemerintah akan mengurangi impor bahan pangan untuk mengurangi efek melemahnya nilai rupiah terhadap dollar AS. Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan, selain mengurangi impor, paket kebijakan lain seperti mendorong peningkatan ekspor komoditas unggulan serta menaikkan pajak barang mewah impor akan segara diambil. Ia berharap dengan begitu pertumbuhan ekonomi tidak akan terganggu.


"Kita memang harus tetap konsisten dengan menuju pada swasembada. Lima saja yang kita prioritaskan, beras itu oke sudah. Yang kedua jagung, ketiga gula, kemudian kedelai, dam daging sapi. Yang penting itu menjalankan paket kebijakan ekonomi kita yang sudah kita luncurkan," ujar Hatta di Jakarta, Jumat (29/11).


Sebelumnya, nilai tukar rupiah terhadap dollar hari ini dikabarkan bertahan dengan nilai Rp 12.018 per dollar Amerika Serikat. Diperkirakan rendahnya sentimen positif di pasar uang masih akan menekan rupiah. Antara lain, karena meningkatnya kebutuhan dollar menjelang akhir tahun, dan besarnya defisit neraca transaksi berjalan di Indonesia.


Editor: Antonius Eko 

  • gaikindo
  • rupiah
  • dolar

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!