NASIONAL

Pendidikan Indonesia Makin Tertinggal di Asia Tenggara

"Pendidikkan di Indonesia dinilai semakin tertinggal dibanding dengan negara-negara di wilayah Asia Tenggara. Praktisi Pendidikkan dari Gerakan Indonesia Berkibar, Bambang Inrianto mengatakan, saat ini Indonesia sudah tertinggal dengan Malaysia, Brunei, Si"

Pendidikan Indonesia Makin Tertinggal di Asia Tenggara
pendidikan, indonesia, asia tenggara

KBR68H, Balikpapan – Pendidikan di Indonesia dinilai semakin tertinggal dibanding dengan negara-negara di wilayah Asia Tenggara. Praktisi Pendidikkan dari Gerakan Indonesia Berkibar, Bambang Inrianto mengatakan, saat ini Indonesia sudah tertinggal dengan Malaysia, Brunei, Singapura maupun Thailand. Bahkan kata dia, Vietnam akan menyalip Indonesia, jika tidak melakukan pembenahan. 


Sejumlah langkah perlu dilakukan pemerintah, di antaranya pembenahan akses pendidikan, sarana dan fasilitas, serta komitmen guru. Kata Bambang, pelbagai hal itu menjadi penyebab angka putus sekolah meningkat. 


“Vietnam itu menuju ke kualitas yang baik, itu kelihatan dia. Nah, Indonesia kalau tetap seperti ini maka akan kesalip. Sudah di bawah Malaysia, di bawah Singapura jauh banget, sudah di bawah Brunei. Kalau dengan Filipina masih imbang-imbang saja, tapi kalau Vietnam sebentar lagi akan nyalip kita. Itu bahaya kalau kita tidak berbenah,” kata Bambang Irianto.


Praktisi Pendidikan dari Gerakan Indonesia Berkibar, Bambang Irianto menambahkan, berdasarkan data Komisi Nasional Perlindungan Anak pada tahun 2011, menyebutkan masih ada sekitar 11,7 juta anak Indonesia yang belum tersentuh pendidikan.


Editor: Antonius Eko 

  • pendidikan
  • indonesia
  • asia tenggara

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!