Bagikan:

Mendagri Masih Pikir-pikir Soal Penghapusan Kolom Agama di KTP

Pemerintah masih mengkaji penghapusan kolom agama di Kartu Tanda Penduduk atau KTP dalam Undang Undang tentang Administrasi dan Kependudukan.

NASIONAL

Selasa, 26 Nov 2013 20:45 WIB

Mendagri Masih Pikir-pikir Soal Penghapusan Kolom Agama di KTP

KTP, kolom agama, gamawan fauzi

KBR68H, Jakarta - Pemerintah masih mengkaji penghapusan kolom agama di Kartu Tanda Penduduk atau KTP dalam Undang Undang tentang Administrasi dan Kependudukan. 


Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi mengatakan perlu pembahasan lebih matang lagi. Pasalnya Gamawan berpendapat penganut kepercayaan itu bukan sebuah agama. Melainkan sebuah aliran kepercayaan.


"Masih dilakukan kajian oleh Kementerian Agama. Ini akan dibahas lagi. Kan perlu hati- hati. Apa misalnya ini menjadi mahzab saja. Saya tidak menyebut contoh. Tapi ini kan mahzab saja, kita harus hati-hati. Masa mahzab mau dijadikan agama," ujar Gamawan Fauzi di DPR.


Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. DPR mengesahkan UU Administrasi Kependudukan, hari ini. Dalam UU tersebut kolom agama masih dipertahankan. 


Sebelumnya desakan menghapus kolom agama di KTP datang dari Komunitas Adat dan Penghayat Kepercayaan. Desakan itu dilatarbelakangi lantaran banyaknya tindak diskriminasi yang dialami para penghayat kepercayaan. Mereka dipaksa untuk mengisi kolom agama setiap pembuatan KTP dengan agama tertentu dari lima agama yang diakui di Indonesia, yaitu Islam, Kristen, Hindu, Budha dan Konghucu.


Editor: Antonius Eko 

Kirim pesan ke kami

Whatsapp
Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Kabar Baru Jam 7

Kabar Baru Jam 8

IPK Anjlok, Indonesia Makin Korup?

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 11

Most Popular / Trending