KPK: Bekas Supir Akil Jadi Whistle Blower

Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan bekas supir Akil Mochtar, Daryono sebagai saksi yang dilindungi dan whistle blower (peniup peluit/pembocor kejahatan, red.)) dalam korupsi sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi.

NASIONAL

Jumat, 08 Nov 2013 14:04 WIB

Author

Yudi Rachman

KPK: Bekas Supir Akil Jadi Whistle Blower

KPK, Bekas Supir, Akil Mochtar, Daryono, Whistle Blower

KBR68H, Jakarta- Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkan bekas supir Akil Mochtar, Daryono sebagai saksi yang dilindungi dan whistle blower (peniup peluit/pembocor kejahatan, red.)) dalam korupsi sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi.

Juru Bicara KPK Johan Budi SP mengatakan, penetapan Daryono sebagai whistle blower karena dinilai mengetahui jelas praktek-praktek penyuapan yang terjadi di Mahkamah Konstitusi.

"Ya dia saksi yang dilindungi, dia saksi yang bisa memberikan laporan terhadap terjadinya tindak pidana korupsi. Semacam whistle blower. Saya tidak tahu apakah sudah koordinasi dengan LPSK (Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban, red.), kalo ke LPSK dia harus meminta ke LPSK. Kalau di KPK, di pasal 15, KPK punya kewajiban melindungi juga," ujar Juru bicara KPK Johan Budi SP di Gedung KPK.

KPK telah menetapkan enam orang sebagai tersangka dalam korupsi sengketa pilkada di Mahkamah Konstitusi. Selain itu, KPK juga terus mememeriksa puluhan saksi dan menggeledah beberapa Kantor Pemerintah Daerah Banten terkait praktek penyuapan dalam sengketa pilkada di Lebak Banten yang melibatkan bekas ketua MK Akil Mochtar.

Editor: Anto Sidharta

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Valentino Rossi Akan Kembali Ke Arena Balap Pada MotoGP Eropa

Kisruh Rencana Pengadaan Mobil Dinas Pimpinan KPK

Kabar Baru Jam 7

Nakesku Sayang, Nakesku Malang

Eps3. Ketika Burgermu Memanaskan Bumi