NASIONAL

KJRI Kewalahan Urus 8 Ribuan TKI di Jeddah

KJRI Kewalahan Urus 8 Ribuan TKI di Jeddah

 KBR68H, Jakarta- Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) di Jeddah, Arab Saudi minim petugas untuk melayani ribuan TKI yang bakal dideportasi. Bahkan untuk melayani konsumsi ribuan TKI, petugas yang ditempatkan hanyak 6 orang.

Salah satu TKI yang siap dideportasi dari Arab Saudi Thobit mengatakan, minimnya petugas KJRI membuat pasokan makanan kurang. Padahal lebih dari tujuh ribu TKI tersebut sudah kelaparan. Bahkan mereka belum mengetahui sampai kapan mereka di penjara untuk selanjutnya dideportasi.

"KJRI sendiri juga sangat terbatas tenaganya. Kemarin bilang ada enam petugas, terus melayani tujuh ribu orang. Benar-benar kewalahan, sangat kewalahan. Dari kamar ini kelaparan, kamar ini kelaparan. Saya juga jadi bingung, bagaimana ini?" ujar Thobit saat dihubungi KBR68H di Jakarta, Rabu (6/11).

Sebelumnya lebih dari 70 ribu TKI di Arab Saudi bakal dideportasi. Hal ini menyusul berakhirnya batas waktu pemutihan izin tinggal. Tujuh ribu TKI yang ditampung di penjara Jeddah hanya satu dari sejumlah kelompok TKI yang siap dideportasi.

Editor: Suryawijayanti 

  • KJRI
  • TKI
  • Arab
  • deportasi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!