covid-19

Kemendikbud Susun Kamus 70 Bahasa Daerah Nyaris Punah

KBR68H, Nusa Dua - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan penyusunan 70 kamus bahasa daerah yang bahasanya terancam punah.

NASIONAL

Minggu, 24 Nov 2013 13:24 WIB

Author

Muliarta

Kemendikbud Susun Kamus 70 Bahasa Daerah Nyaris Punah

Bahasa Daerah, Punah, Kamus

KBR68H, Nusa Dua - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyiapkan penyusunan 70 kamus bahasa daerah yang bahasanya terancam punah. Hal itu dilakukan dalam upaya melestarikan bahasa daerah yang menjadi bahasa ibu dan menjadi keragaman kebudayaan Indonesia. Wakil Menterian Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti mengatakan, bahasa daerah yang disiapkan penyusunan kamusnya berasal dari bahasa daerah di pedalaman seperti pedalaman Papua. Dimana jumlah penuturnya kurang dari 20 kepala keluarga.

“Itu bahasa yang penuturnya kurang dari 20 KK , jadi bahasa-bahasa yang kecil dan berada di pulau-pulau terpencil, contoh di Papua banyak sekali. Karena mungkin akses kurang sehingga bahasa terlindungi karena tidak banyak melakukan komunikasi,” kata Wiendu Nuryanti.

Wakil Menterian Pendidikan dan Kebudayaan Wiendu Nuryanti menambahkan, penyusunan 70 kamus bahasa daerah terancam punah tersebut telah dimulai sejak awal tahun ini dan ditargetkan selesai 2015. Wiendu berharap pemerintah daerah juga melakukan langkah-langkah dalam upaya melestarikan bahasa daerah.

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!

BERITA LAINNYA - NASIONAL

Most Popular / Trending

Kabar Baru Jam 11

Kabar Baru Jam 10

Kabar Baru Jam 8

Kabar Baru Jam 7

Ramai Cukai Rokok Mau Naik, Apa Kata Pakar dan DPR?