NASIONAL

Jepang Lanjutkan Investasi Hijau di Indonesia

"Jepang menyatakan akan melanjutkan investasi hijaunya di Indonesia, meski secara resmi telah memangkas target penurunan emisi gas rumah kacanya terkait pemadaman reaktor nuklir di Fukushima."

Irvan Imamsyah

Jepang Lanjutkan Investasi Hijau di Indonesia
jepang, investasi hijau, indonesia, perubahan iklim

KBR68H, Warsawa Polandia – Jepang menyatakan akan melanjutkan investasi hijaunya di Indonesia, meski secara resmi telah memangkas target penurunan emisi gas rumah kacanya terkait pemadaman reaktor nuklir di Fukushima. 


Investasi yang berbasiskan energi efisien dan teknologi ramah lingkungan itu akan menyasar pada sejumlah industri perakitan di tanah air. Direktur Negosiasi Internasional Kementerian Lingkungan Hidup Jepang, Yuji Mizuno mengatakan, investasi melalui kegiatan kerjasama perdagangan karbon dengan Indonesia tidak akan terkena imbas dari rencana Jepang memangkas target penurunan gas rumah kacanya.


“JCM (Joint Crediting Mechanism) merupakan prioritas kebijakan kami untuk upaya menurunkan emisi karbon. Kami memang memutuskan untuk memangkas target kami. Tapi keputusan itu tidak akan mempengaruhi kegiatan kami di JCM. Mungkin memang banyak negara yang menghendaki Jepang untuk menurunkan emisi industri dalam negerinya,” kata Mizuno. 


Sejumlah perusahaan Jepang beroperasi di Indonesia. Kebanyakan di antaranya merupakan industri perakitan seperti industri perangkat elektronik. Sementara Indonesia, menyatakan siap untuk menjalankan kerjasama perdagangan karbon dengan Jepang. Indonesia dan Jepang bahkan sudah menjalankan 4 proyek percontohan terkait investasi perdagangan karbon.


Editor: Antonius Eko 

  • jepang
  • investasi hijau
  • indonesia
  • perubahan iklim

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!