NASIONAL

ICW: Awasi Kecurangan Tes CPNS

"KBR68H, Jakarta "

Ade Irmansyah

ICW: Awasi Kecurangan Tes CPNS
tes cpns, kecurangan, icw, awasi


KBR68H, Jakarta – LSM anti korupsi ICW menengarai  lima potensi kecurangan dalam tes ujian tertulis CPNS yang berlangsung hari ini. Wakil Koordinator ICW Ade Irawan mengatakan, salah satu potensinya adalah kebocoran soal. Dia meminta pemerintah memperhatikan hal ini.(Baca:KemenPAN-RB Rangkul Berbagai Instansi untuk Awasi Tes CPNS Online)

“Paling tidak ada 5 titik kecurangan pada saat tes besok tiga November, pertama ini masih juga potensi munculnya juga soal tidak dalam kondisi tidak dalam tersegel, padahal dalam SOPnya harus berada dalam kondisi tersegel, yang kedua ini kebocoran soal, yang ketiga joki CPNS ini juga harus di waspadai oleh pengawas gitu yah, lalu jeda waktu untuk mengoreksi jawaban, ini modus-modus umum karena di dalam aturannya setelah soal dijawab langsung di masukan dan di segel, tidak boleh ada koreksi dan sebagainya untuk LJK. lalu yang lain panitia CPNS melakukan pembiaran kecurangan,” ujarnya kepada wartawan pada saat konferensi pers di Kantor ICW (2/11).

Wakil Koordinator ICW Ade Irawan menambahkan, lembaganya akan ikut memantau proses pelaksanaan tes CPNS. Pemantauan itu dilakukan baik pada saat sebelum dan sesudah tes. Langkah itu, lanjut dia, dilakukan untuk mencegah terjadinya kecurangan-kecurangan pada saat pelaksanaan tes CPNS. Hari ini beberapa kementerian dan lembaga negara melakukan tes tertulis rekrutmen CPNS serentak di seluruh Indonesia.

Editor: Nanda Hidayat


  • tes cpns
  • kecurangan
  • icw
  • awasi

Komentar

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!