NASIONAL

Besok, Hampir 500 TKI dari Arab Tiba di Tanah Air

"KBR68H, Jakarta - Pemerintah mulai memulangkan warga negara Indonesia (WNI) yang melebihi masa tinggal (overstay) di Arab Saudi."

Besok, Hampir 500 TKI dari Arab Tiba di Tanah Air
TKI, arab

 KBR68H, Jakarta - Pemerintah mulai memulangkan warga negara Indonesia (WNI) yang melebihi masa tinggal (overstay) di Arab Saudi. Pada kloter pertama, lebih dari 480 WNI yang terdiri dari anak-anak dan perempuan akan tiba di tanah air, besok. Mereka mendarat di Bandara Soekarno Hatta, Cengkareng pada pukul 13:00 WIB.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Tatang Budi Utama Razak mengatakan, mereka diterbangkan dengan Garuda Indonesia.

"Saat ini kita sedang melakukan persiapan untuk pemulangan dari 484 WNI Overstayers yang jumlahnya 404 itu meliputi wanita, termasuk ibu hamil di dalamnya. Lalu 80 sisanya adalah anak-anak dan bayi. Sebentar lagi mereka akan dibawa dari penampungan menuju ke bandara yang jaraknya 90 km. Dan akan diterbangkan oleh pesawat Garuda Boeing 747," jelasnya kepada KBR68H ketika dihubungi melalui sambungan telepon.

Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Tatang Budi Utama Razak mengklaim terus mengupayakan pemulangan WNI yang masih terkatung-katung di sana.

Puluhan ribu TKI terlantar di bawah jembatan layang Palestina, Jeddah, Arab Saudi. Hal ini menyusul berakhirnya batas waktu pemutihan izin tinggal. Sementara itu, sekira 8000an TKI berada di penjara Imigrasi Jeddah. Kemarin, 1 TKI tewas lantaran sakit.

Editor: Suryawijayanti


  • TKI
  • arab

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!