NASIONAL

Bentuk Satgas Pemulangan TKI di Arab Saudi

Bentuk Satgas Pemulangan TKI di Arab Saudi

KBR68H, Jakarta - Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) mengklaim sedang memproses pemulangan tahap kedua terhadap TKI di Arab Saudi yang dideportasi. Kepala BNP2TKI Jumhur Hidayat mengatakan, saat ini BNP2TKI sedang mendata para TKI hingga mencukupi kuota dan segera dipulangkan ke Indonesia.

"Ada 100 ribu yang tidak resmi, kita harus fair juga. Kasihan yang resmi bekerja kemudian seolah-olah mengesankan di Arab Saudi seperti itu semua. Iya kita terus, ini datanya sangat dinamis sekali, setiap jam bertambah berapa orang. Nanti diakumulasi sampai berapa ratus, nanti disesuaikan dengan penerbangan Garuda. Banyaklah yang sangat teknis sekali, kemarinkan kita juga mengalami teknis seperti bannya," ujar Jumhur dalam perbincangan Sarapan Pagi KBR68H.

LSM buruh migran Migrant Care mendesak Presiden Susilo Bambang Yudhoyono membentuk satuan tugas khusus untuk menyelesaikan masalah pemulangan TKI di Arab Saudi. Direktur Eksekutif Migrant Care Anis Hidayah mengatakan, perwakilan pemerintah yang mengurusi TKI saat ini dirasa tidak mencukupi.

"Jadi pemerintah sudah tahu 70 ribu lebih yang berpotensi dideportasi dan potensi punya masalah di pinggir jalan di Tharkel, dan akan di deportasi jelas gitu ya. Memang dengan jumlah segitu dengan kapasitas yang dimiliki perwakilan kita tidak mungkin dilakukan. Memang harus ada emeregency respon yang harus dibentuk, makanya biasanya pak SBY paling demen membentuk tim-tim apa gitu, sekali lagi sangat diperlukan itu malah tidak dilakukan," jelas Anis Hidayah dalam Perbincangan Sarapan Pagi KBR68H.

Masa izin tinggal puluhan ribu TKI di Arab Saudi habis dan terancam dikembalikan ke Indonesia. Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia Kementerian Luar Negeri Tatang Budi Utama Razak mengatakan, proses pemulangan WNI terbentur masalah surat izin keluar dari negara tersebut. Pemerintah pun melakukan pemulangan para TKI tersebut secara bertahap. Pada tahap pertama, lebih dari 400 orang yang mayoritas perempuan dan anak-anak tiba di tanah air semalam.

Editor: Doddy Rosadi

  • satgas
  • pemulangan TKI
  • arab saudi

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!