NASIONAL

TNI Kerahkan 12 KRI dan 4 Pesawat Tempur Amankan KTT G20

"Untuk pesawat tempur kita menyiapkan empat pesawat tempur yaitu dua F16 dan dua Sukhoi, 27 dan 30"

TNI Kerahkan 12 KRI dan 4 Pesawat Tempur Amankan KTT G20
Pesawat tempur F-16 mengeluarkan flare saat flypast perayaan HUT ke-77 TNI di Langit Monas, Jakarta, Rabu (5/10/2022). ANTARA/Wahyu Putro

KBR, Jakarta - TNI mengerahkan belasan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dan empat pesawat tempur untuk mengamankan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20. Acara yang akan dihadiri kepala negara G20 itu digelar pada 15-16 November di Bali.

Panglima TNI Andika Perkasa mengatakan, bakal mengerahkan satgas darat, laut, dan udara untuk mengamankan konferensi negara-negara perekonomian besar itu.

"Satgas laut kita melibatkan 12 KRI, kita tempatkan di lingkaran Pulau Bali. Ini untuk pengamanan, termasuk pengamanan atau pendampingan kepada kapal-kapal militer negara partisipan yang mungkin akan mengirim. Selain itu satgas udara kita menyiapkan beberapa pesawat. Untuk pesawat tempur kita menyiapkan empat pesawat tempur yaitu dua F16 dan dua Sukhoi, 27 dan 30," kata Andika dalam diskusi FMB9, Kamis (20/10/2022).

Andika juga akan mengerahkan pesawat VVIP dan pesawat pengintai selama acara berlangsung. Untuk satgas darat, TNI akan menyiagakan kendaraan lapis baja Anoa di tempat-tempat acara utama.

Baca juga:

"Di titik itu kita siapkan. Jadi intinya kendaraan lapis baja ini kan untuk evakuasi sementara apabila ada kondisi yang bersifat emergency dan mengancam jiwa," kata dia.

Andika menambahkan, TNI sudah berkomunikasi dengan masing-masing perangkat pengamanan kepala negara G20. Dia memastikan bakal mengakomodasi model pengamanan masing-masing negara G20.

Secara umum, ada 18 ribuan personel gabungan yang dikerahkan untuk pengamanan KTT G20. Sekitar 14 ribuan personel dari TNI, sisanya berasal dari Polri dan institusi lain.

Editor: Agus Luqman

  • KTT G20
  • panglima TNI
  • pengamanan KTT G20
  • pesawat tempur TNI
  • KRI
  • kapal perang
  • Andika Perkasa

Komentar (0)

KBR percaya pembaca situs ini adalah orang-orang yang cerdas dan terpelajar. Karena itu mari kita gunakan kata-kata yang santun di dalam kolom komentar ini. Kalimat yang sopan, menjauhi prasangka SARA (suku, agama, ras dan antargolongan), pasti akan lebih didengar. Yuk, kita praktikkan!